Ajakan Pemkab Muba untuk cegah DBD
Tambang batu bara ilegal di Muaraenim yg sempat longsor tahun 2023 lalu. Foto detik.com.
Tambang batu bara ilegal di Muaraenim yg sempat longsor tahun 2023 lalu. Foto detik.com.

Direktur PT ABS Diperiksa Penyidik Kejati Sumsel

SUMSELHEADLINE.COM, PALEMBANG — Tim penyidik bidang Pidana Khusus (Pidsus) memeriksa Direktur PT ABS periode tahun 2014-2019 sebagai saksi kasus korupsi aktifitas penambangan batu bara yang saat ini sedang diusut Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumsel.

Demikian diterangkan Kasi Penkum Kejati Sumsel Vanny Yulia Eka Sari SH MH, saat dikonfirmasi, Rabu (1/5/2024) yang menyebut saksi yang dimaksud adalah berinisial SRA.

“Benar kemarin dalam penyidikan korupsi aktifitas penambangan batu bara, penyidik Pidsus Kejati Sumsel memeriksa 1 nama berinisial SRA,” jelasnya.

Dikatakan Vanny, saksi mantan Direktur PT ABS tersebut dipanggil dan diperiksa oleh penyidik Pidsus Kejati Sumsel selama beberapa jam dimulai dari pukul 10.00 WIB sampai dengan selesai.

Adapun pertanyaan yang diajukan oleh penyidik terhadap saksi SRA, ungkap Vanny ada kurang lebih 20-an pertanyaan yang ditanyakan terhadap saksi SRA.

Tulisan lainnya :   Sempat Masuk IGD, Penahanan Lina Mukherjee Dibatalkan

“Pertanyaannya masih seputar materi pokok penyidikan kasus dugaan korupsi terkait aktifitas penambangan batu bara,” ungkapnya.

Namun, kata Vanny ia enggan membeberkan lebih rinci pertanyaan apa yang diajukan oleh penyidik terhadap saksi RSA sebab masuk dalam ranah materi pokok penyidikan. “Untuk detil pertanyaan tidak bisa kita publish sebab sudah masuk dalam materi pokok penyidikan perkara,” tuturnya.

Dalam penyidikan perkara ini, lebih lanjut dikatakan Vanny telah memanggil dan memeriksa sejumlah nama sebagai saksi, yang mana sebagian besar saksi yang dipanggil dan diperiksa penyidik masih berkaitan erat materi penyidikan berhubungan dengan penambangan batu bara.

Sebelumnya, penyidik pidsus Kejati Sumsel dalam perkara ini telah memanggil dan memeriksa mantan petinggi perusahaan BUMN pertambangan batu bara Sumsel untuk memberikan keterangan sebagai saksi.

Tulisan lainnya :   Kasus Kematian Santri Ponpes Gontor, Polres Periksa Sembilan Saksi

Ketiga saksi yang yang dimaksud memenuhi panggilan penyidik yakni berinisial SSB, DK dan DP dengan jabatan mantan manajer perusahaan BUMN bidang pertambangan batubara periode tahun 2012.

Sama seperti saksi lainnya, ketiganya diperiksa untuk didengarkan keterangan dalam penyidikan kasus dugaan korupsi tidak dipenuhinya kewajiban terkait aktivitas penambangan jenis batu bara.

Tiga mantan manajer perusahaan BUMN bidang pertambangan Sumsel tersebut diperiksa sejak pukul 09.00 WIB pagi hingga selesai.

Ketiga saksi yang hadiri pemanggilan penyidik tersebut sama seperti saksi-saksi sebelumnya ada 30-an pertanyaan yang diajukan oleh tim penyidik Pidsus Kejati Sumsel. (Ela)

Editor: Ferly

Check Also

Tim gabungan Polda dan Polrestabes Palembang mengerebek kawasan 36 Ilir yang diduga menjadi pusat peredaran narkoba, Rabu (24/7/2024). Foto: Dok Polda Sumsel.

Lagi Kawasan Tangga Buntung Dirazia Narkoba, Tiga Warga Diamankan

SUMSELHEADLINE.COM, PALEMBANG — Informasi maraknya peredaran barang haram narkoba di daerah yang dikenal Tangga Buntung …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *