Ajakan Pemkab Muba untuk cegah DBD
Aprilia bersama si bule, sapi yang terpilih menjadi kurban Presiden Jokowi di Masjid Taqwa pada IdulAdha mendatang, Sabtu (8/6/2024). Foto: Sumselheadline/Pitria.
Aprilia bersama si bule, sapi yang terpilih menjadi kurban Presiden Jokowi di Masjid Taqwa pada IdulAdha mendatang, Sabtu (8/6/2024). Foto: Sumselheadline/Pitria.

Si Bule Manja Saat Dielus Aprilia

SUMSELHEADLINE.COM, PALEMBANG — Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menentukan sapi untuk dikurbankan di Masjid Taqwa Kota Palembang pada Lebaran Idul Adha, 17 Juni mendatang.

Pilihan presiden jatuh kepada si Bule, sapi kesayangan seorang ibu bernama Aprilia Cerry Natalin Rovita. Si Bule sudah dirawat sejak 2021. Sapi dengan dominasi warna cokelat tua dan putih di bagian kepala ini, berjenis simental dengan berat 1,130 ton yang dirawat di peternakan Dwikarya Farm, Jalan Pangeran Ayin, Sako, Palembang.

“Saya dan suami (pemilik Dwikarya Farm) beli sapi ini di Lampung saat usianya dua tahun dan beratnya hanya 320kg,” katanya, Sabtu (8/6/2024).

Tulisan lainnya :   Daftar Tunggu Haji Sumsel Mencapai 20 Tahun

Kata Aprilia, sapi ini berbeda dari yang lainnya. Secara fisik dinilai sangat bagus, karena punya warna bulu putih pada bagian kepala, dan bermata indah. “Dia punya mata indah, kelopak mata dan bulu matanya putih, makanya diberi nama Bule, karena seperti bule,” ujarnya.

Selain punya mata yang indah, si Bule punya perilaku yang beda. Walaupun jantan, si Bule sangat manja, terutama saat dielus kepalanya, sangat nurut. “Kalau dielus kepalanya, badannya, tidak berontak seperti sapi lain, nurut, setiap sore saya ajak ke lapangan, dia main tanah” katanya.

Tulisan lainnya :   HD: Kita Sudah Lakukan Berbagai Upaya Cegah Karhutla

Berbadan gemoy, si Bule sempat dilakukan diet untuk menjaga kesehatannya agar tidak terlalu gemuk. Dari biasanya makan 10 kg sehari, menjadi 8 kg sehari. “Sekarang sudah normal lagi pola makannya, dia makan ampas tahu, konsentrat tambahnya ada bekatul, kulit ubi, dan ampas ubi,” jelasnya.

Tahun lalu, menurutnya sudah ada yang ingin membeli si Bule, tetapi ditahan oleh Aprilia karena tidak rela si Bule dimiliki orang lain. “Tapi kali ini ada tawaran untuk dijadikan kurban Presiden Jokowi. Saya sedih melepasnya, tapi saya bangga karena dipilih presiden,” ujarnya. (Nda)

Editor: Edi

Check Also

Plh Sekda Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Drs H Edward Chandra, MH bersama peserta Sosialisasi Program dan Manfaat Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, bertempat di ruang rapat Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sumsel, Kamis (11/7/2024). Foto: Humas Pemprov Sumsel.

Pemprov Sumsel Perluas Keikutsertaan ASN-NonASN Program Jamsostek

SUMSELHEADLINE.COM, PALEMBANG — Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Drs H …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *