Ajakan Pemkab Muba untuk cegah DBD

Hujan Belum Rata, Waspada Potensi Asap Masih Tinggi

SUMSELHEADLINE.COM, PALEMBANG — Badan Meteorologi klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sumatera Selatan (Sumsel) mengingatkan potensi kabut asap masih tinggi.

Kepala Stasiun Klimatologi Kelas I Sumsel, Wandayantolis mengatakan, baru-baru ini sesekali terjadi hujan di beberapa wilayah di Sumsel. “Hujan belum rata, potensi kabut asap masih tinggi,” katanya, Senin (25/9/2023).

Wilayah yang benar-benar kering setelah monitoring Hari Tanpa Hujan (HTH) pada 20 September lalu, adalah wilayah OKI bagian barat. “Wilayah ini daerah paling kering dengan 70 hari tanpa hujan,” katanya.

Tulisan lainnya :   Jemaah Umrah Diminta Patuhi Ketentuan Beribadah di Tanah Suci

Curah hujan yang terjadi di Sumsel selama beberapa hari terakhir belum jatuh secara merata atau belum sampai membasahi lahan-lahan yang kering. Terdapat peluang hujan 10 hari ke depan namun dengan intensitas masih rendah dan belum merata. “Keadaan ini tentunya masih menyebabkan tingginya potensi tingkat kebakaran pada wilayah tersebut,” katanya.

Hal ini juga masih akan meningkatkan penurunan kualitas udara dengan penyebaran asap yang bersumber dari karhutla. Sementara itu, PJ Walikota Palembang Ratu Dewa mengimbau masyarakat untuk tidak membakar lahan atau sampah sembarangan.

Tulisan lainnya :   Tolak Hapus Honorer, Pemkot Palembang Yakin Mampu Gaji Lewat APBD

Selain angin kemarau yang kencang, cuaca panas dan kering, membakar sembarangan akan berbahaya dan akibat asap sangat buruk pada kesehatan. “ISPU (Indeks Standar Pencemaran Udara) saat ini berkisar 115 dari sebelumnya mencapai 149,” katanya. (Nda)

Editor :

Check Also

Pj Gubernur Sumsel, Agus Fatoni meninjau flyover Sekip Ujung Palembang yang segera digunakan pengendara, Kamis (6/6/2024). Foto: Humas Pemprov Sumsel.

Flyover Sekip Ujung Mulai Dibuka

SUMSELHEADLINE.COM, PALEMBANG — Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan, Agus Fatoni mengumumkan bahwa Flyover Sekip Ujung …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *