Ajakan Pemkab Muba untuk cegah DBD

DPRD Sumsel Ingatkan Perusahaan Prioritaskan Kesehatan Pekerja

SUMSELHEADLINE.COM, PALEMBANG — Dalam rangka pengawasan, Komisi V DPRD Sumsel sejak sepekan terakhir melakukan kunjungan kerja ke perusahaan-perusahaan di wilayah Kabupaten Banyuasin. Setelah empat hari lalu ke PT Sinar Alam Permai (SAP) di Kecamatan Mariyana, pabrik perusahaan  pengelohan minyak goreng, Selasa (18/10/2022) anggota Komisi V didampingi pihak Disnaker  dan Tim Ahli DPRD Sumsel menyambangi PT Alam Perkasa Lestari (APL) di Jalan Pasir Putih, Km 17 Talang Kelapa.

Pada kedua kunjungan itu, tim dipimpin Ketua Komisi V Susanto Adjis, Wakil Ketua Komisi Syaiful Padli, Alfrenszi Panggar Besi, David Hadrianto, Fatra, Rizal Kenedi, Rita, Raden Gempita, Solehan, Tamtama, Gani Subit,  Nilawati, Merli, Herman, Anwar Al Sayadat, dan Juanda.

Tulisan lainnya :   Pulang Jemput Anak Sekolah, Ibu dan Anak Dilindas Truk Fuso

Menurut Susanto Adjis, pihaknya berkewajiban memantau sejauhmana perusahaan mematuhi kewajibannya tentang kesehatan, keselamatan kerja, dan kesejahteraan karyawan. “Ini sangat penting,  karena selain kita memang butuh investasi, tapi juga bagaimana kesehatan dan keselamatan karyawan dalam melakukan pekerjaan di perusahaannya,” kata pria yang berasal dari Fraksi PDI Perjuangan ini.

Sementara Syaiful Padli mengingatkan, agar managemen perusahaan benar-benar memperhatikan keselamatan dan kesehatan pekerja, apalagi mereka bekerja di pabrik, sehingga risiko dan dampak dalam lingkungan kerja cukup tinggi. “Selain soal kesejahteraan, kesehatan, dan keselamatan sangat penting jadi perhatian managemen, termasuk program asuransi kesehatan, dimana perusahahan wajib mengikutsertakan karyawannya ikut program BPJS Kesehatan dan BP Jamsostek,” katanya.

Tulisan lainnya :   Diseruduk Mobil Mewah, Sebelum Tewas Mila Terseret

Saat kunjungan ke PT APL, perusahaan memproduksi minuman Ale-ale, selain mendapat penjelasan langsung dari pihak manajemen perusahaan, juga meninjau langsung pabrik anak perusahaan Wingsfood Group. Tim ditunjukan proses produksi dan pengemasan minuman yang disukai anak-anak itu. “Kita sangat memperhatikan kehigienisan produksi kami, jadi pengawasan pun sangat ketat. “Seluruh karyawan yang akan bekerja wajib mencuci tangan. Juga kesehatan mereka dicek berkala,” kata Wilianto, Plant Manager PT APL.  (ust)

editor : rustam

 

Check Also

Penjabat Gubernur Sumsel, Agus Fatoni menyuapi anak pada kegiatan Peluncuran Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor (PSA) Sumsel dan Telewicara ‘Halo PSA Sumsel’ di Griya Agung, Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (4/6/2024). Foto: Humas Pemprov Sumsel.

Sumsel Turunkan Stunting-Kemiskinan Ektrem Tercepat

SUMSELHEADLINE.COM, PALEMBANG — Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menjadi daerah yang berhasil dalam menurunkan angka stunting …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *