Ajakan Pemkab Muba untuk cegah DBD

SMK Harus Menggali Potensi Siswanya

SUMSELHEADLINE.COM, PALEMBANG – SMK dikhususkan untuk menggali potensi yang dimiliki para siswanya, sehingga sesuai dengan minat dan bakat. Sehingga nantinya setelah lulus pun siswa tersebut benar-benar memiliki skil dan dapat bekerja maksimal, baik di perusahaan maupun usaha mandiri. “SMK memang dipenuhi dengan sumber daya yang siap kerja. Namun potensinya tetap harus digali, sehingga ada kesesuaian antara minat dan bakat serta mampu bersaing,” kata Gubernur Sumsel Herman Deru saat membuka Job Fair Akbar Provinsi Sumsel di SMK Negeri 2 Palembang, Selasa (18/10).

Menurutnya, Job Fair yang digelar memang ditujukan sebagai wadah para siswa untuk mencari pekerja yang diminati. “Ini komitmen kita untuk mewadahi dan mempertemukan antara pencari kerja dan perusahaan yang diminati. Ini harus dimanfaatkan, karena tidak semua individu bisa mendapatkan kesempatan seperti ini,” jelasnya.

Tulisan lainnya :   Udara Mikin Buruk, ISPA di Palembang Capai 14.960 Kasus

Herman Deru tetap berharap agar generasi muda terus mengembangkan keterampilannya sehingga nantinya bisa membuka lapangan kerja sendiri. “Harapan saya generasi muda ini dapat menjadi pemuda inovatif yang dapat menciptakan lapangan kerja bahkan merekrut para pekerja. Untuk permodalan tentu kita menyediakan KUR,” ujarnya.

Dikesempatan itu, dia juga mengapresiasi sejumlah perusahaan yang terus mendukung dalam mengurangi angka pengangguran di Sumsel. “Kita juga sangat mengapresiasi untuk korporasi yang telah membuka peluang kerja bagi lulusan baru ini,” pungkasnya. Menurutnya, menekan angka pengangguran menjadi salah satu fokus Pemprov Sumsel. Salah satu cara yang dinilai efektif dalam mengatasi persoalan tersebut yakni dengan memberikan edukasi yang dapat meningkatkan keahlian para calon pekerja khususnya mereka yang masih berstatus sebagai siswa.

Tulisan lainnya :   Mobil BBM Meledak, Rumah Warga Talang Leban Membara

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Sumsel, Riza Fahlevi menyebut, Job Fair tersebut merupakan hasil kerjasama antara dinas pendidikan, Forum Bursa Kerja Khusus dan sejumlah pihak lainnya. “Ini merupakan langkah Pemprov Sumsel dalam membuka peluang kerja bagi generasi muda lulusan SMK,” katanya. inas Pendidikan dan FBKK telah memberangkatkan sejumlah pekerja ke berbagai perusahaan. “Semua pekerja tersebut merupakan alumni SMK. Ada 427 orang dan semuanya berasal dari Sumsel,” pungkasnya. (fer)

editor : ferly

Check Also

Pj Walikota Palembang, Ratu Dewa saat usai melantik para Ketua RT dan RW, Selasa (18/6/2024). Foto: Kominfo Palembang.

Insentif RT-RW di Palembang Bakal Naik

SUMSELHEADLINE.COM, PALEMBANG — Dengan capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang cukup tinggi, Penjabat Walikota Palembang, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *