Ajakan Pemkab Muba untuk cegah DBD
Para petugas haji melayani dengan telaten para jemaah haji saat tiba di Asrama Haji Palembang, Selasa (21/5/2024). Foto: Sumselheadline/Pitria.
Para petugas haji melayani dengan telaten para jemaah haji saat tiba di Asrama Haji Palembang, Selasa (21/5/2024). Foto: Sumselheadline/Pitria.

Ini Layanan Diterima Jemaah Saat Tiba di Asrama Haji Palembang

SUMSELHEADLINE.COM, PALEMBANG — Embarkasi Palembang telah memberangkatkan 7 kloter hingga Selasa (21/5/2024) ini, dan menyusul keloter 8 yang baru tiba di Asrama Haji Sumatera Selatan (Sumsel).

Sama halnya dengan kloter 8, seluruh jemaah haji setibanya di embarkasi menerima berbagai layanan. Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Sumsel, Armet Dachil mengatakan, setiba di asrama haji, jemaah akan melalui proses pemeriksaan suhu tubuh sebelum memasuki aula.

“Jemaah kemudian menerima living cost, pembagian gelang, pembagian kartu akomodasi dan konsumsi serta pemeriksaan kesehatan tahap ketiga,” katanya.

Armet mengatakan, bahwa layanan penerimaan jamaah sudah sejak 2006 dilakukan dengan menerapkan One Stop Service.

Ada beberapa sarana dan prasarana yang disediakan untuk lansia dan disabilitas seperti jalur fast track, kendaraan antar jemput jemaah, ambulan, kursi roda, kamar khusus lansia dan disabilitas, serta prioritas kursi bisnis di pesawat

Tulisan lainnya :   Enam Bulan Anggaran tak Kunjung Cair, Insan Olahraga Datangi Kantor Gubernur

Untuk pengguna kursi roda, lansia, disabilitas maka akan mendapatkan pelayanan lebih dulu. Ini merupakan bentuk pelayanan maksimal yang diberikan kepada jemaah haji.

“Tentunya bagi pengguna kursi roda, lansia, disabilitas kita berikan pelayanan lebih dulu, untuk memberikan kenyamanan kepada jemaah haji,” kata Armet.

Selain itu, adapula layanan lain yang diterima jemaah yaitu penerimaan bagasi jemaah haji sehari sebelum jemaah masuk embarkasi.

Kemudian layanan konsumsi, layanan akomodasi, layanan transportasi, layanan kesehatan/poliklinik, layanan pemantapan manasik haji serta sosialisasi penggunaan fasilitas pesawat dan pemantapan karu dan karom.

“Ada juga inovasi di tahun ini, di mana jemaah dapat memesan makanan sesuai kebutuhan kesehatan dengan catatan menginformasikan melalui petugas kloter paling lambat sehari sebelum masuk asrama haji,” kata Armet.

Tulisan lainnya :   Lina Tersangka Penista Agama, Akui Sakit Banyak Pikiran

Dalam memberikan pelayanan terhadap jemaah ini, Kementerian Agama bekerjasama dengan instansi terkait yaitu Pemprov Sumsel, Pengelola Asrama Haji Sumsel, TNI dan Polri, Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel, Balai Kekarantinaan Kesehatan (BKK) Palembang, Kantor Imigrasi Palembang, Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai, Saudi Arabian Airlines, Angkasa Pura II Palembang, dan DAMRI.

“Embarkasi Palembang juga menyiapkan fasilitas guna menunjang kesiapan jemaah dalam menjalani rangkaian ibadah haji seperti mock up pesawat, miniatur ka’bah ukuran sebenarnya, lintasan sa’i dan tempat melontar jumroh, serta masjid dan fasilitas lainnya,” katanya. (Nda)

Editor: Edi

Check Also

Kepala BNNP Sumsel, Brigjen Pol Tri Julianto Djatiutomo saat press release, Kamis (18/7/2024). Foto: Sumselheadline/Ela.

BNNP Sumsel Gagalkan Peredaran 13 Kg Sabu Asal Malaysia

SUMSELHEADLINE.COM, PALEMBANG — Sebanyak 13 Kilogram (Kg) narkotika jenis sabu-sabu asal Malaysia gagal diedarkan ke wilayah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *