Ajakan Pemkab Muba untuk cegah DBD
Rusli ditangkap warga saat akan beraksi kembali di sebuah masjid di Palembang, Sabtu (11/5/2024). Foto: Sumselheadline/Ela.
Rusli ditangkap warga saat akan beraksi kembali di sebuah masjid di Palembang, Sabtu (11/5/2024). Foto: Sumselheadline/Ela.

Saat hendak Beraksi, Pencuri Kotak Amal Ditangkap

SUMSELHEADLINE.COM, PALEMBANG — Rusli Daling (36), pelaku pencurian kotak amal di sebuah masjid di Palembang diamankan polisi. Ia ditangkap saat hendak melancarkan aksi kedua kalinya di masjid tersebut. Dari video yang dilihat, tampak Rusli dalam kondisi babak belur usai diamuk warga yang memergoki aksinya.

Peristiwa tersebut diketahui terjadi di Masjid Nurul Jannah, RT 006 RW 002, Kelurahan Sei Selayur, Kecamatan Kalidoni Kota Palembang, salah satu saksi yakni Usman menuturkan semula pelaku mencuri kotak amal masjid pada Minggu (28/4/2024) yang lalu,

Saat itu pelaku datang ke masjid untuk salat, karena itu jemaah dan pengurus masjid tidak curiga dengan pelaku. Namun setelah mengecek CCTV, warga pun melihat bahwa pelaku membawa lari uang di dalam kotak amal.

Tulisan lainnya :   Mantan Perawat di Linggau Divonis Lima Bulan, Gara-gara Menemukan Kunci Mobil

Kemudian, pelaku kembali datang dan diduga hendak melakukan hal yang sama, karena pihak masjid sudah menghafal ciri-ciri dan wajah pelaku, maka pelaku langsung diamankan oleh warga.

“Dia itu (pelaku) sudah beberapa kali datang ke masjid ini dan berpura-pura salat, namun kami curiga dia ini datang pada saat bukan jam salat,” katanya, Minggu (11/5/2024).

Usman menyebut ada sejumlah anak kunci duplikat dari tangan pelaku saat diamankan warga. Kunci duplikat ini diduga akan digunakan pelaku untuk membuka gembok kotak amal masjid.”Ada 2 dompet sama beberapa anak kunci saat pelaku diamankan tadi. Saat ini pelaku sudah kami serahkan ke Polsek Kalidoni,” ujarnya.

Sementara itu, Kanitreskrim Polsek Kalidoni, Iptu Chepi Aminuddin mengatakannya pihaknya sudah mengamankan pelaku setelah dihubungi warga setempat.

Tulisan lainnya :   Sadis!! Pasutri Ditemukan Tewas dengan Tangan Kaki Terikat

Dia menyebut, pelaku ini sudah beberapa kali melakukan aksinya mencuri kotak amal masjid. Dari keterangan pelaku saat melakukan aksinya, pelaku mendapatkan uang sebesar Rp 300 ribu.

“Lancar di aksi pertama, pelaku ini datang kembali ke masjid tersebut dengan mengendap-endap. Jadi masyarakat yang mengetahui bahwa pelaku sudah pernah melakukan pencurian kotak amal di masjid tersebut pun langsung mengamankan pelaku,” ujarnya.

Akibat warga emosi terhadap pelaku, kata dia, pelaku mengalami luka dan lebam di bagian wajah karena dihajar warga.”Setelah kita lakukan penyelidikan, ternyata dia ini setengah-setengah tidak nyambung (orang stres). Saat ini pelaku masih ditahan di Polsek Kalidoni, nanti akan kita arahkan atau serahkan ke Dinas Sosial untuk menjalani rehabilitasi atau semacamnya,” pungkasnya. (Ela)

Editor: Ferly

Check Also

Petuga mengevakuasi jasad Yundi yang ditemukan tewas di kamar mandi kosannya, Jumat (12/7/2024). Foto: Sumselheadline/Ela.

Yundi Tewas Luka Tusu di Kamar Mandi

SUMSELHEADLINE.COM, PALEMBANG — Yundi Efran (27), warga Kalidoni, Palembang, tewas dibunuh dalam kamar mandi rumah kakaknya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *