Ajakan Pemkab Muba untuk cegah DBD
Mie celok produksi Dapoer Yustina. Foto: Dok Dapoer Yustina.
Mie celok produksi Dapoer Yustina. Foto: Dok Dapoer Yustina.

Resep Mie Celor Asli Palembang, Menu Lezat Buka Puasa

SUMSELHEADLINE.COM, PALEMBANG — Selain pempek yang sudah sangat terkenal di Indonesia, kudapan asli Kota Palembang lainnya adalah Mie Celor. Makanan berbahan dasar mie ini disajikan dengan kuah berbahan dasar santan dan kaldu udang yang kental.

Mie Celor memiliki cita rasa yang enak dan gurih. Selain sering disantap untuk sarapan, makanan yang satu ini sangat cocok dijadikan menu berbuka puasa. Owner Dapoer Yustina, Yustina mengatakan bahwa dulunya Mie Celor hanya disantap oleh raja dan keluarganya. Tetapi saat ini Mie Celor dapat dinikmati oleh semua masyarakat.

“Sekarang semua bisa menikmati dan membuatnya, banyak juga dijadikan menu buka puasa,” katanya. Saat Ramadan kata Yustina, permintaan Mie Celor mengalami peningkatan hingga 30 persen. Satu porsi Mie Celor Yustina dijual dengan harga Rp15.000.

Tulisan lainnya :   Hujan Deras Hantam Palembang, Banjir dan Pohon Tumbang

“Alhamdulillah, saat puasa permintaan meningkat, banyak orang yang pesan untuk buka bersama,” kata Yustina. Membedakan Mie Celor jualannya dengan yang lain dari santannya, karena pakai santan kelapa segar bukan instan, dan udang juga yang segar.

“Yang mau beli silakan datang langsung ke Perumahan Bukit Sejahtera Poligon Palembang atau bisa pesan melalui nomor WhatsApp 081252704827/ 082175968535,” katanya. Jika Anda ingin membuatnya sendiri di rumah juga bisa, berikut bahan dan cara membuat Mie Celor ala Dapoer Yustina.

Bahan Mie:
-Mie
-Toge atau kecambah

Bumbu Kuah:
-Bawang merah (secukupnya)
-Bawang putih (secukupnya)
-Ketumbar (secukupnya)
-Lada (secukupnya)
-Cabai merah (secukupnya)
-Santan kelapa (secukupnya)
-Garam
-Gula
-Penyedap rasa
-Udang

Tulisan lainnya :   Inovasi Siswa SMP 6 Unggul Sekayu Wakili Sumsel Hingga Korea Selatan

Bahan pelengkap:
-Telur
-Tomat
-Bawang goreng
-Daun bawang

Cara membuat kuah:
1. Haluskan semua bumbu, jika sudah halus, kemudian panaskan minyak, tumis semua bumbu hingga harum.

2. Lalu masukan gula, garam dan penyedap rasa, jika tidak alergi tambahkan udang.

3. Siapkan panci masukan santan, lalu masukan semua bumbu yang sudah ditumis, selama proses memasak harus diaduk agar santan tidak pecah, jika sudah masak, tambahkan daun bawang.

4. Mie Celor khas Palembang siap disajikan, taburi bawang goreng, tambahkan telur, tomat pada Mie Celor, dan cabe giling jika suka pedas. (Nda)

Editor: Edi

Check Also

Plh Sekda Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Drs H Edward Chandra, MH bersama peserta Sosialisasi Program dan Manfaat Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, bertempat di ruang rapat Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sumsel, Kamis (11/7/2024). Foto: Humas Pemprov Sumsel.

Pemprov Sumsel Perluas Keikutsertaan ASN-NonASN Program Jamsostek

SUMSELHEADLINE.COM, PALEMBANG — Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Drs H …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *