Ajakan Pemkab Muba untuk cegah DBD
Mesin pemusnah sampah yang beroperasi di TPA Bukit Kecil, Muaraenim, JUmat (16/2/2024). Foto: Dok PTBA.
Mesin pemusnah sampah yang beroperasi di TPA Bukit Kecil, Muaraenim, JUmat (16/2/2024). Foto: Dok PTBA.

Hebat, 60 Ton Sampah per Hari Dimusnakan

SUMSELHEADLINE.COM, PALEMBANG — PT Bukit Asam Tbk (PTBA) memberikan bantuan berupa mesin pemusnah sampah untuk Kabupaten Muaraenim. Penyerahan bantuan dilaksanakan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bukit Kancil, Muaraenim, Selasa (13/2/2024).

Penjabat (Pj) Bupati Muaraenim, Ahmad Rizali menyampaikan apresiasi atas bantuan yang diberikan oleh Bukit Asam. “Tentu kehadiran mesin yang memiliki kapasitas produksi 50-60 ton per hari ini diharapkan dapat membantu memaksimalkan pengelolaan sampah di TPA Bukit Kancil seluas 28,5 hektare ini, mengingat secara total TPA Bukit Kancil menerima sekitar 70 ton timbunan sampah per hari,” kata Ahmad Rizali.

Tulisan lainnya :   Sensasi Beda Lontong Soto, Cocok untuk Buka Puasa

Dia juga menekankan pentingnya kerja sama antara pemerintah daerah dan dunia usaha dalam menjaga kebersihan serta kelestarian lingkungan. “Mari bersama kita bersinergi membangun Bumi Serasan Sekundang menjadi yang terdepan,” ujarnya.

Sementara itu, VP Sustainability PT Bukit Asam Tbk (PTBA) Hartono mengatakan, bantuan tersebut merupakan bagian dari upaya Perusahaan untuk mendukung kebersihan dan keberlanjutan lingkungan serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Sejalan dengan visi PTBA untuk menjadi perusahaan energi kelas dunia yang peduli lingkungan.

Mesin pemusnah sampah yang diberikan adalah produksi PT Indo Power Internasional (IPI) jenis Sistem Konversi Limbah Lanjutan (Advance Waste System/AWS) tipe 50. Mesin ini mampu mengolah sampah menjadi sumber energi alternatif, pupuk dan media tanam yang dapat semakin mempermudah masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang semakin asri dan lestari.

Tulisan lainnya :   2023 Hotel Aryaduta Palembang Bidik 100 Persen Okupansi

“Dengan adanya mesin ini, diharapkan proses pengelolaan sampah di Kabupaten Muara Enim dapat memberikan nilai positif terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar,” pungkas Hartono. (fer)

Editor: Edi

Check Also

Karet sumsel

Hilirisasi tak Kunjung Terwujud, Produksi Karet Sumsel Terancam

SUMSELHEADLINE.COM, PALEMBANG — Karet sebagai produk unggulan Sumatera Selatan (Sumsel) terancam hilang, karena berbagai persoalan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *