Ajakan Pemkab Muba untuk cegah DBD
Tujuh Penjabat Bupati dan Walikota di Sumsel saat dilantik di Griya Agung, Palembang, Senin (18/9/2023). Foto : Humas Pemprov Sumsel.
Tujuh Penjabat Bupati dan Walikota di Sumsel saat dilantik di Griya Agung, Palembang, Senin (18/9/2023). Foto : Humas Pemprov Sumsel.

Lantik Tujuh Pj Bupati/Walikota, Ini Pesan Khusus Herman Deru

SUMSELHEADLINE.COM, PALEMBANG — Gubernur Sumsel, H Herman Deru secara resmi melantik tujuh Penjabat (Pj) Bupati dan Walikota yang akan meneruskan kepemimpinan di sejumlah Kabupaten dan Kota di Sumsel.

Pelantikan yang digelar di Griya Agung Palembang, Senin (18/9/2023) tersebut, dilakukan menyusul berakhirnya masa jabatan Bupati dan Walikota di tujuh daerah tersebut. Dalam kesempatan itu, Gubernur Herman Deru menitipkan sejumlah pesan khusus kepada Pj Bupati dan Walikota yang dilantik.

Dia menekankan agar tujuh Pj Bupati dan Walikota tersebut harus memegang teguh serta menjalankan dengan baik amanat yang diberikan negara. “Artinya negara percaya dan yakin jika para Pj Bupati dan Walikota ini dapat melanjutkan kepemimpinan sebagai kepala daerah. Kepercayaan ini harus dijaga dengan baik,” kata Herman Deru.

Tidak hanya itu, dia juga menegaskan, Pj Bupati dan Walikota harus tetap menjaga komunikasi baik dengan bupati atau walikota sebelumnya maupun dengan jajaran instansi vertikal.

“Koordinasi dan sinergitas ini penting agar pembangunan yang sebelumnya telah dilakukan dapat terus dilanjutkan. Pembangunan ini harus tetap berjalan sesuai warna daerah masing-masing dan berdasarkan RPJMD,” terangnya.

Apalagi, lanjutnya, para Pj bupati dan walikota tersebut harus dihadapkan dengan tantangan berat yakni tahun politik. “Menghadapi tahun politik ini, kita harus kerja cerdas dan bertindak tegas sesuai aturan yang berlaku,” tegasnya.

Lbih jauh dia mengatakan, jika Pj bupati dan walikota ini juga harus berhadapan dengan PR yang saat ini belum tuntas. Seperti upaya penurunan stunting, angka kemiskinan, dan lainnya.

Tulisan lainnya :   Mengimingi Keuntungan, Kedok Dua Wanita Muda Terbongkar

“Termasuk juga pembangunan di daerah eks transmigrasi. Pembangunan di wilayah ini adalah tanggung jawab bersama tanpa melihat di bawah wewenang siapa. Pj Bupati dan Walikota ini harus tinggalkan warisan atau legacy saat kembali lagi menjadi ASN ,” ujarnya.

Untuk diketahui, tujuh Pj Bupati dan Walikota yang dilantik  tersebut yakni Pauzan Khoiri sebagai Pj Bupati Empat Lawang, Lusapta Kurnia Yudha sebagai Pj Walikota Pagaralam, H. Ratu Dewa sebagai Pj Walikota Palembang, H. Ahmad Rizali sebagai Pj. Bupati Muara Enim, Hani Sopiar Rustam sebagai Pj Bupati Banyuasin, H. Trisko Defriyansa sebagai Pj Walikota Lubuklinggau, dan H. Elman sebagai Pj Walikota Prabumulih.

Dimana sebelumnya jabatan Bupati Empat Lawang diemban oleh H. Joncik Muhammad, Walikota Pagaralam Alfian Maskoni, Walikota Palembang Harnojoyo, Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah, Bupati Banyuasin H. Askolani Jasi, Walikota Lubuklingga H. Prana Putra Sohe, dan Walikota Prabumulih H. Ridho Yahya.

Selain Pj Bupati, Pelantikan juga dilakukan terhadap Ketua TP PKK tujuh kabupaten dan kota tersebut yang dilakukan Ketua TP PKK Sumsel Hj Febrita Lustia Herman Deru dan pelantikan Sekda lima Kabupaten dan kota yang dilakukan Wakil Gubernur Sumsel H. Mawardi Yahya. “Kita minta kepada keluarga Pj Bupati dan Walikota untuk menjaga nama baik. Dan untuk Sekda jalankan tugas pokok sebaik baiknya,” imbuhnya.

Tulisan lainnya :   Sudah Dikerjakan, Lift Jembatan Ampera Kapasitas Tiga Penumpang

Sementara itu, Pj Walikota Palembang Ratu Dewa mengatakan, dirinya akan terus mengedepankan pembangunan prioritas yang telah digagas. “Mulai dari lelayanan publik, infrastruktur perkotaan, jalan, penerangan, pendidikan dan kesehatan. Ini akan terus kita upayakan,” katanya.

Termasuk juga upaya penurunan angka stunting hingga pengendalian inflasi. “Menyoal kabut asap, saat ini kita sudah turunkan tim dan berkoordinasi dengan TNI/Polri,” pungkasnya.

Hadir dalam kesempatan itu, Anggota DPR RI Wahyu Sanjaya, Ketua TP PKK Sumsel Hj. Febrita Lustia Herman Deru, Wakil Gubernur Sumsel H. Mawardi Yahya, Wakil Ketua TP PKK Sumsel Hj. Fauziah Mawardi Yahya, Gubernur Sumsel periode 2003-2008 H. Syahrial Oesman, Ketua DPRD Sumsel Hj. RA Anita Noeringhati, Wakil Ketua DPRD Sumsel H.M Giri Ramanda Kiemas, Danlanud Sri Mulyono Palembang Kol. Pnb Sigit Gatot, Danlanal Palembang Kol. Laut (P) Widyo, Danrem 044/Gapo Brigjen TNI M.

Naudi Nurdika, Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar, Pj. Bupati OKU Teddy Meilwansyah, Wakil Ketua Komisi IV DPRD Sumsel Hasbi Asadiki, Ketua Komisi III DPRD Sumsel H.M Yansuri, Anggota Komisi V DPRD Sumsel H. Alfrenzi Panggarbesi, dan H. Rizal Kenedi. (fer)

Editor : Edi

Check Also

Ketua TP PKK Pusat Tri Tito Karnavian Lantik Melza Ayu Rahminia Elen Setiadi Sebagai Pj Ketua TP PKK Sumsel, Senin (25/6/2024). Foto: Hmas Pemprov Sumsel.

Melza Ayu Dilantik Penjabat Ketua TP PKK Sumsel

SUMSELHEADLINE.COM, PALEMBANG — Usai prosesi pelantikan Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Elen Setiadi, SH, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *