Ajakan Pemkab Muba untuk cegah DBD
Ketua Dekranasda Sumsel Hj Febrita Lustia HD yang hadir dan mumukul gendang pada pembukaan Sumsel Expo di Sleman City Hall, Yogyakarta, Selasa (25/7/2023) malam. Foto : Humas Pemprov Sumsel
Ketua Dekranasda Sumsel Hj Febrita Lustia HD yang hadir dan mumukul gendang pada pembukaan Sumsel Expo di Sleman City Hall, Yogyakarta, Selasa (25/7/2023) malam. Foto : Humas Pemprov Sumsel

Perluas Pasar Produk UMKM, Gelar Sumsel Expo 2023 di Yogyakarta

SUMSELHEADLINE.COM, YOGYAKARTA — Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan terus mendorong  majunya sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), di antaranya melalui  Sumsel Expo 2023 bertempat di Sleman City Hall Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Sumsel Expo 2023 kali ini terselenggara atas kolaborasi Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumsel dengan dengan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah DIY, yang secara resmi dibuka oleh Gubernur Sumsel H Herman Deru diwakili Asisten II Setda Sumsel H. Darma Budhi, Selasa (25/7/2023).

Pembukaan Sumsel Expo 2023 dihadiri Ketua Dekranasda Provinsi Sumsel  Hj Febrita Lustia HD, Wakil Ketua Dekranasda Sumsel Hj  Fauziah MY, Ketua ICSB Sumsel Hj Samantha Tivani,B.Bus. M.IB, dan Wakil Ketua I Dekranas DIY Gusti Putri Paku Alam serta Anggota DPRD  Sumsel M. Yaser, S.E.

Antusias pengunjung terlihat dengan memadati  arena Sumsel Expo yang menampilkan berbagai produk unggulan UMKM, mulai daro produk makanan dan minuman, begitu juga dengan pakaian, aksesoris, hingga kain songket dan jumputan khas dari masing-masing daerah di Sumsel.

Mereka semua dibawah binaan Dekranasda Sumsel, ICSB, Kopi Sriwijaya, dan Bank Sumsel Babel. Begitu juga dengan produk UMKM DIY  yang ikut meramaikan Sumsel Expo 2023.

Tulisan lainnya :   Angka Pengangguran Tinggi, Job Fair di PTC Diserbu

Gubernur Sumsel H Herman Deru dalam sambutan tertulisnya  yang dibacakan Asisten II Setda Sumsel H Darma Budhi mengatakan, Sumsel Expo 2023 memiliki tujuan  untuk meningkatkan pemasaran produk  dan jasa unggulan, sekaligus memperkenalkan kekayaan dan potensi yang dimiliki oleh Provinsi Sumsel kepada masyarakat yang lebih luas.

Menurutnya, Kegiatan Sumsel Expo 2023 ini tidak hanya merupakan wadah untuk memperluas pasar dan memperkenalkan produk, tetapi juga menjadi momen penting dalam melanjutkan kerja sama yang telah kami bangun dengan Pemerintah  DIY.

“Kerja sama antara Provinsi Sumatera Selatan dan Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan bukti nyata bahwa kolaborasi dan sinergi antar daerah adalah kunci untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi dan pembangunan yang berkelanjutan,” katanya.

Ia berharap melalui pagelaran Sumsel Expo 2023 dapat saling mendukung dan memperkuat keunggulan produk dari masing- masing daerah.

“Kami berharap melalui  Sumsel Expo ini UMKM akan mendapat peluang baru, meningkatkan penjualan, dan memperluas jaringan bisnis karena UMKM adalah tulang punggung ekonomi. Karena itu kita berikan mereka platform yang kuat, kami dapat membantu mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan,” tuturnya.

Tulisan lainnya :   Mentan RI Puas Datangi Pabrik Beras di Pegayut

Sementara Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY Ir. Srie Nurkyatsiwi,  mengakui  DIY dan Provinsi Sumsel memiliki potensi dan kekayaan yang beragam, oleh sebab itu  kedua daerah  itu akan bekerja  sama dalam mengidentifikasi proyek-proyek strategis, program-program inovatif, dan solusi-solusi berkelanjutan yang mampu memberikan manfaat riil bagi masyarakat.

“Kami menyadari bahwa sinergi ini adalah langkah maju bagi kedua provinsi, dan kami akan terus berupaya menciptakan iklim kerja sama yang kondusif, penuh kepercayaan, dan saling menguntungkan,” tambahnya.

Menurutnya, Penandatanganan Kesepakatan bersama antara kedua provinsi ini menjadi tonggak awal yang akan membuka jalan bagi sinergi program dan pengerahan sumber daya, guna mewujudkan kerja sama yang kuat dalam pembangunan dan pengembangan potensi daerah masing-masing.

“Kesepakatan bersama ini tidaklah sekadar sebuah dokumen formal, tetapi ia merupakan landasan dan pedoman yang akan mengikat kita dalam melakukan langkah-langkah konkret untuk meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat di kedua provinsi dengan semangat keadilan dan kesetaraan,” tandasnya. (Gih/*)

Editor : Ferly

Check Also

Tim Kemenkumham sedang melakukan kegiatan pengawasan dan pemeriksaan protokol notaris di kabupaten/kota di Sumsel. Foto: Dok Kemenkumham Sumsel.

Kemenkumham Perketat Pengawasan Notaris di Sumsel

SUMSELHEADLINE.COM, PALEMBANG — Kantor Wilayah Kemenkumham Sumatera Selatan melalui Majelis Pengawas Daerah melakukan Pengawasan dan pemeriksaan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *