Ajakan Pemkab Muba untuk cegah DBD

Polda Sumsel Gencarkan Penindakan Pidana Perdagangan Orang

SUMSELHEADLINE.COM  PALEMBANG — Polda Sumatera Selatan (Sumsel) mengelar rapat koordinasi satgas tindak pidana perdagangan orang (TPPO).

Rapat terbatas dilaksanakan di ruang vicon lantai 2 gedung Presisi Mapolda Sumsel, Senin (26/6/2023). Rapat tersebut dipimpin Wakapolda Sumsel, Brigjen Pol M Zulkarnain.

Dalam rapat tersebut, Zulkarnain mengatakan kalau sebelumnya presiden Jokowi membahas Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) di Istana Merdeka Jakarta yang dilaksanakan (30/5/2023) lalu. Dalam arahannya presiden Jokowi meminta jajaran untuk mengambil langkah cepat guna mencegah serta memberantas TPPO.

“Berdasarkan data penegakkan hukum perkara TPPO nasional (05 – 23/06) terdapat t 472 LP atau laporan polisi dengan terbanyak di polda Jawa Barat 62 LP 580 tersangka dengan korban 1.671 Korban kemudian pada polda Kalimantan Utara 246 korban,” ujarnya.

Tulisan lainnya :   Sembuh dari Covid karena Tiru Kebiasaan Petani

Zulkarnain menyebut, dengan telah terbentuknya Satgas pencegahan dan penanganan tindak pidana perdagangan orang 2023, kami selaku kasatgas memberikan apresiasi yang setinggi -tingginya kepada seluruh satuan tugas TPPO baik di provinsi dan kota juga kabupaten, dalam kegiatan pemberantasan TPPO yang telah berjalan selama periode Ini.

“Oleh sebab itu, untuk memberantas TPPO dari hulu sampai hilir perlu kerja bersama yang harmonis dan sinergis dari para pihak terkait mulai dari keluarga, masyarakat, lembaga pendidikan, dunia usaha, lembaga masyarakat, dan lembaga pemerintah mulai tingkat desa,” imbuhnya.

Zulkarnain juga mengatakan, kalau sinergitas kebijakan program dan kegiatan di semua lini yang memiliki daya ungkit tinggi tersebut diperlukan untuk menghapuskan faktor penyebab TPPO yang sangat kompleks, seperti diuraikan di atas.

Tulisan lainnya :   Muba Satu-satunya di Sumsel Sukses Terapkan Perda Tanpa Rokok

“Sinergitas akan membangun kerjasama kerja sama kreatif dengan cara menghormati dan memahami perbedaan tugas, fungsi dan peran masing-masing pihak,” katanya.

Ditambahkan Zulkarnain, para pihak yang terkait harus memiliki interaksi yang berkelanjutan saling terbuka memiliki pemahaman dan visi yang sama dan mengedepankan dialog dalam segala hal melalui proses interaksi reguler ini diharapkan muncul ide-ide kreatif dan inovatif.

“Melalui rakor Satgas TPPO ini salah satu upaya kepolisian untuk memfasilitasi interaksi tersebut,” pungkasnya. (Ela)

Editor : Ferly

Check Also

Suasana jemaah ahji Indonesia melakukan wukuf di Arafah, Arab Saudi. Foto: Kemenag.go.id.

553 Kloter Jemaah Haji Indonesia Tiba di Arafah

SUMSELHEADLINE.COM, PALEMBANG — Pemberangkatan jemaah haji Indonesia dari Makkah ke Arafah sudah selesai. Selain jemaah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *