Ajakan Pemkab Muba untuk cegah DBD

Agar Hati Tentram dan Bahagia, Ini Tips dari Gubernur Sumsel

SUMSELHEADLINE.COM, PALEMBANG — Gubernur Sumsel, H Herman Deru memberikan beberapa pesan penting kepada para lansia Sumsel saat memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-27 yang diselenggarakan di Griya Agung, Palembang,  Senin (29/5) pagi.
Selain menjaga pola makan, ia pun mengajak para lansia selalu bersyukur, sehingga hati menjadi tentram dan bahagia.

“Mari bersama-sama bersyukur memperingati HLUN ke-27, ayo kita menjadi insan-insan bersyukur agar kita mendapatkan usia yang berkah dan penuh manfaat,” jelasnya. Menurutnya, cara mengelola mutu kehidupan di negara berbeda-beda. Seperti Jepang dan China memiliki harapan hidup yang tinggi, karena China terkenal vegetarian dan Jepang gemar makan ikan.

“Ini menandakan bahwa pola makan itu sangat mempengaruhi harapan hidup.  Selain pola makan, prilaku dalam keseharian juga sangat mempengaruhi, untuk itu mari hindari  sikap iri, dengki serta memperbanyak  bersyukur agar bahagia,” jelasnya. Dia mengatakan peringatan HLUN ini pada hakekatnya adalah momentum semua untuk senantiasa memperhatikan keberadaan sesepuh serta para lanjut usia baik terkait kehidupan sehari-harinya, kondisi kesehatannya, kesejahteraannya maupun kebutuhan psikologisnya sebagai salah satu perwujudan Birrul Walidain (berbuat baik/berbakti pada orang lain).

Tulisan lainnya :   Polrestabes Palembang Amankan Puluhan Kendaraan

Untuk itu menurutnya, diperlukan upaya sinergis dan straregis melalui program-program yang pro lansia dalam rangka memberdayakan lanjut usia agar lebih sehat, produktif, kreatif, mandiri dan sejahtera di Provinsi Sumsel sehingga para orang tua damai dan sejahtera.

“Saya juga berterimakasih dan mengapresiasi  setingginya kepada stakeholders terkait, khususnya Lembaga Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia (LKS LU) milik swasta dan lembaga lanjut usia Indonesia (LLI) Provinsi Sumsel yang selama ini telah melaksanakan upaya konkret dalam memberikan pelayanan sosial kepada lanjut usia.

“Sehubungan dengan itu, Saya berharap program-program yang pro dengan pelayanan sosial bagi lanjut usia untuk lebih dioptimalkan dan ditingkatkan lagi kualitasnya,” jelasnya.

Sementara itu Ketua Peringatan HLUN sekaligus Kepala Dinsos Sumsel, Mirwansyah, mengatakan peringatan HLUN ini sebagai wujud kepedulian dan penghargaan terhadap lanjut usia. Dimana sesuau Undang-Undang Nomor 13 Tahun 1998 Tentang Kesejahteraan Lansia adalah orang yang telah berusia 60 tahun ke atas.

Tulisan lainnya :   Duda Bobol Minimarket untuk Beli Sabu

Adapun tujuan diadakannya kegiatan ini menurut Mirwansyah di yakni untuk melembagakan nilai-nilai sosial masyarakat, untuk meningkatkan kesadaran lanjut usia, generasi penerus, keluarga, dan masyarakat tentang pentingnya berbangsa dan bernegara. Serta untuk mendorong motivasi individu, keluarga, masyarakat dan dunia usaha untuk meningkatkan kesejahteraan lanjut usia. “Sehingga diharapkan sesuai tema tahun ini Lansia Terawat Indonesia Bermartabat,” jelasnya.

Dalam kesempatan istimewa itu Gubernur Herman Deru memberikan bantuan melalui Dinsos kepada para Lansia. Selain bantuan kursi roda dan tongkat kaki tiga, para lansia juga diberikan bantuan sembako.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua TP PKK Provinsi Sumsel Hj Feby Herman Deru, Wakil Ketua TP PKK Provinsi Sumsel Hj Fauziah Mawardi Yahya, Ketua Persatuan Wredatama RI (PWRI), Sumsel H. Sofyan Rebuin, Ketua Lembaga Lanjut Usia Indonesia (LLI) Provinsi Sumsel Dr. H. Burlian Abdullah, Dr. Lady Kavotiner S.PM. (fer)

Editor : Edi

Check Also

Ucok Abdul Rauf Penjabat (Pj ) Wali Kota Palembang saat meninjau Pasar 16 Ilir, Rabu (19/6/2024). Foto: Kominfo Palembang.

Usai Dilantik, Ucok Langsung Pantau Pasar 16

SUMSELHEADLINE.COM, PALEMBANG — Ucok Abdul Rauf Penjabat (Pj ) Walikota Palembang   menggantikan Ratu Dewa, Rabu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *