Ajakan Pemkab Muba untuk cegah DBD
Ilustrasi para ASN dan honorer Pemkot Palembang yang ikut upacara Senin (10/4/2023). Foto : Sumselheadline/Pitria.
Ilustrasi para ASN dan honorer Pemkot Palembang yang ikut upacara Senin (10/4/2023). Foto : Sumselheadline/Pitria.

Terkait Penataan Tukin, Menpar RB Usulkan Kenaikan Gaji ASN

SUMSELHEADLINE.COM — Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB) Abdullah Azwar Anas mengusulkan kenaikan gaji ASN. Hal itu menyikapi rencana pemerintah mengubah rumusan tunjangan kinerja (tukin) para PNS/ ASN.

Pengusulan disampaikan dalam Rakornas Pelaksanaan Anggaran 2023 di Kementerian Keuangan, Rabu (17/5) lalu. Menurut Anas, dari pada tukin besar, tapi tidak merata, lebih baik menaikkan gaji pokok PNS.

“Sekarang dipukul rata, tukin menjadi hak. Tapi kinerja PNS begitu-begitu saja. Karena itu, kita sudah mengusulkan ada gaji agak dinaikkan. Ini sedang dibahas bersama Menkeu,” ujarnya.

  • Sebelumnya, pada 2020, pemerintah pernah berencana menaikkan penghasilan PNS dengan nilai minimal yang diterima Rp 9-10 juta. Sayangnya rencana yang diusung oleh MenpanRB kala itu kandas.

Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu, Isa Rachmatarwata, mengatakan, secara umum pemerintah ingin memperbaiki ekosistem sumber daya manusia (SDM) yang bekerja di dalamnya. Pemerintah sedang berkoordinasi membenahi aturan yang ada. Termasuk reward untuk PNS.

Tulisan lainnya :   Bakal Diakuisisi Iwan Bomba, SFC Siap Bersaing Klub Sultan

“Kemenpan RB aktif mengoordinasikan penyiapan konsep birokrasi baru pemerintah. Mencakup delayering, jabatan fungsional, total reward, dan lainnya. Kemenkeu juga terlibat dalam beberapa kegiatan penyiapan tersebut,” jelas dia.

Rapat tidak hanya fokus bahas kenaikan gaji. Tapi konsep total reward.

Anggota Komisi II DPR-RI, Guspardi Gaus mendukung usulan itu. ”MenpanRB mengusulkan itu wajar, tidak ada masalah. Apalagi sudah sekian lama tidak naik,” katanya. Kenaikan gaji PNS terakhir pada 2019 lalu.

Setelahnya, empat tahun berturut-turut PNS tidak merasakan kenaikan gaji lagi. Sedangkan inflasi dan kenaikan harga barang terus terjadi. ”MenpanRB pasti sudah melakukan kajian mengenai kesejahteraan para PNS yang ditinjau dari berbagai aspek,” tambahnya.

Tulisan lainnya :   Mantan Kepsek dan Ketua Komite SMAN19 Palembang Ditahan, Ini Kasusnya

Kemenkeu diharapkan bisa segera merespons usul tersebut. Meski begitu, tentu dengan memperhatikan APBN. Sebab, bukan hanya gaji PNS yang dibiayai APBN. Tapi juga kepentingan lain seperti pembangunan hingga pembayaran utang negara. “Jangan sampai APBN jebol,” imbuh dia.

Guspardi menambahkan, soal berapa persen kenaikan gaji PNS yang diusulkan, tentu diperlukan kajian. Yang jelas, jika kenaikan gaji PNS itu diimplementasikan, jabatan paling rendah hingga paling tinggi disamaratakan.

”Jangan sampai yang menikmati itu pejabat-pejabat yang lebih tinggi jabatannya,” tutur dia.

Pemerintah diminta memastikan agar kenaikan gaji tersebut nanti dibarengi kinerja PNS yang makin baik. Tidak ada lagi mental ingin dilayani, tindakan pungli, mark-up anggaran, hingga upaya memperlambat birokrasi. (Edi)

Editor : Ferly

Check Also

Herman Deru dan Cik Ujang. Foto: IG Cik Ujang Menyapa.

PKS Jatuhkan Pilihan ke Herman Deru-Cik Ujang

SUMSELHEADLINE.COM, PALEMBANG — Sejumlah partai yang mendapat kuris di DPRD Sumsel kini terus membidik calon …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *