Ajakan Pemkab Muba untuk cegah DBD

Laporkan Akun IG Posting Ujaran Kebencian

SUMSELHEADLINE.COM, PALEMBANG — DPD PDI Perjuangan Sumsel melalui Badan Bantuan Hukum Advokasi Rakyat (BBHAR) melayangkan laporan yang ditujukan langsung kepada Kapolda Sumatera Selatan, Irjen Pol A Rachmad Wibowo SIK MIK.

Laporan tersebut terkait dengan dugaan tindakan ujaran kebencian yang telah diposting salah satu akun Instagram lokal Palembang terhadap lambang partai dan ketua lembaga tinggi negara (DPR RI) yang juga kader PDI Perjuangan, Puan Maharani.

“Kepada Polda Sumsel kami memohon untuk bisa menindak akun-akun yang berpotensi memancing amarah kader PDI Perjuangan Sumsel,” kata Firli Darta, SH, Ketua BBHAR DPD PDI Perjuangan Sumsel.

Tulisan lainnya :   Petugas Bandara Temukan Paket Ganja tak Bertuan

Dia mengatakan, hal tersebut bisa memicu terjadinya gesekan antar kelompok di masyarakat. “Laporan tertulis ini resmi kami sampaikan kepada pihak Polda sumsel agar akun-akun tersebut dapat ditindak,” ujarnya, Kamis (9/3/2023).

Sementara wakil Ketua Bidang (Wakabid) Advokasi BBHAR PDI Perjuangan Sumsel, Desmon Simajuntak SH menambahkan, terkait materi laporan ke Polda Sumsel ini, dia menyampaikan jika akun Instagram yang dilaporkan tersebut telah melakukan pelanggaran hukum sesuai dengan UU Nomor 11 Tahun 2008.

Yakni tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) pasal 28 ayat 2 dan Pasal 27 ayat 3 yang diancam dengan hukuman 6 tahun penjara dan denda maksimal Rp 1 miliar.

Tulisan lainnya :   Sebut Kooperatif Selama Penyidikan, Kuasa Hukum Eddy Ganefo Keberatan Fotonya di Media

“Besar harapan kami, agar pihak Polda Sumsel untuk pro-aktif melakukan pengawasan terhadap akun-akun yang berpontensi melakukan hasutan,” ujarnya.

Desmon menambahkan, pihaknya bakal memonitoring akun tersebut. “Karena hal ini melalui pantauan BBHAR Sumsel bukan pertama kali akun tersebut melakukan ujaran-ujaran ataupun memposting yang menjurus kepada ujaran kebencian,” imbuhnya.

Kabid Humas Polda Sumsel, Kombes Pol Supriadi saat dikonfirmasi terkait hal tersebut mengaku belum mendapatkan laporan.”Kami akan cek dulu dan tanyakan ke Direktorat terkait yang menerima laporannya,” pungkasnya.(Ela)

Editor : Ferly

Check Also

Lokasi pencurian sepeda motor di Jl Basuki Rahmat Palembang, Foto: Dok Polisi.

Curanmor di Basuki Rahmad Terekam CCTV

SUMSELHEADLINE.COM, PALEMBANG — Viral di sosial media, aksi pencurian sepeda motor Honda Beat BG 2734 JBA …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *