Ajakan Pemkab Muba untuk cegah DBD
Wagub Sumsel Mawardi Yahya menerima berkas pandangan fraksi terhadap empat Raperda di DPRD Sumsel, Senin (13/2/2023). Foto : Humas Pemprov Sumsel.
Wagub Sumsel Mawardi Yahya menerima berkas pandangan fraksi terhadap empat Raperda di DPRD Sumsel, Senin (13/2/2023). Foto : Humas Pemprov Sumsel.

Perda RTRW Hindari Persoalan di Kemudian Hari

SUMSELHEADLINE.COM, PALEMBANG — Wakil Gubernur Sumsel H Mawardi Yahya didampingi Sekda SA Supriono  mendengarkan pandangan umum fraksi-fraksi DPRD Sumsel terhadap empat Raperda di  ruang sidang paripurna  DPRD Sumsel,  Senin (13/2).

Dalam sidang yang dipimpin  Wakil Ketua DPRD Sumsel, Giri Ramanda tersebut, sebanyak sembilan fraksi di DPRD Sumsel secara marathon berkesempatan menyampaikan pandangan, usulan, dan pertanyaan kepada eksekutif terkait dengan pembahasan empat Raperda.

Dalam pidato pembukaan sidang Wakil Ketua DPRD Sumsel Giri Ramanda mengatakan sebelum menjadi Perda, pandangan fraksi-fraksi tersebut sangat penting dalam menunjang penyempurnaan Peraturan Daerah (Perda). “Kita butuh masukan dan pandangan dari fraksi-fraksi DPRD,” kata Giri.

Adapun ke 9 fraksi yang menyampaikan pandangan diantaranya  Fraksi PDI Perjuangan melalui jubirnya, Dedi Sipriyanto menyebut 4 Raperda yang diajukan  Pemprov  memang  sangat urgen dan sangat dibutuhkan. Terutama Raperda Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah tahun 2023-2043.

Tulisan lainnya :   AHY Ajak Kader Birukan Sungai Musi

“Kami berharap Raperda ini bisa menjadi acuan dalam upaya pengelolaan tata ruang wilayah yang baik, sehingga tidak terjadi lagi persoalan yang mengakibatkan insiden buruk dalam pengelolaan RTRW di Sumsel,” tegasnya.

Sementara itu Maliono juru bicara Fraksi Gerinda menilai Raperda tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah,  sangat penting dalam memaksimalkan pemasukan bagi  keuangan daerah termasuk yang ada di tingkat Kabupaten/kota diharapkannya untuk lebih  pro aktif dan berkontribusi dalam menopang pemasukan daerah.

“Raperda ini akan lebih efisien dengan melibatkan Kabupaten/kota yang sama-sama mempunyai kepentingan dalam PAD yang efisien dan akuntabel,” tegasnya.

Tulisan lainnya :   Ibu-ibu Diminta Bantu Imbau Pencegahan Karhutla

Dilain pihak  Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) melalui jubirnya, Antoni Yuzar menegakan Fraksi PKB mendukung penuh Raperda tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

“Kami sangat mendukung adanya Raperda ini, karena melalui Raperda ini dapat  memberikan pedoman dan arahan kepada pemerintah daerah menjalankan   fungsinya dalam peneliharaan lingkungan hidup,” tutur Antoni.

Fraksi PKB  berharap Pemprov Sumsel dapat memiliki strategi yang jelas untuk melindungi linguan dan kelestarian lingkungan.
“Kami harap pemerintah provinsi mempunyai kejelasan strategi dalam menjaga dan melestarikan lingkungan,” tandasnya. (fer)

Editor : ferly

Check Also

Ketua TP PKK Pusat Tri Tito Karnavian Lantik Melza Ayu Rahminia Elen Setiadi Sebagai Pj Ketua TP PKK Sumsel, Senin (25/6/2024). Foto: Hmas Pemprov Sumsel.

Melza Ayu Dilantik Penjabat Ketua TP PKK Sumsel

SUMSELHEADLINE.COM, PALEMBANG — Usai prosesi pelantikan Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Elen Setiadi, SH, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *