Ajakan Pemkab Muba untuk cegah DBD
Ketua PMI Palembang, Fitrianti saat meninjau kegiatan donor darah beberapa waktu lalu. Foto : Dok Rmol Sumsel.
Ketua PMI Palembang, Fitrianti saat meninjau kegiatan donor darah beberapa waktu lalu. Foto : Dok Rmol Sumsel.

PMI Palembang Jamin Kualitas Stok Darah

SUMSELHEADLINE.COM, PALEMBANG — Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Palembang terus berupaya dan mengutamakan kualitas darah yang akan digunakan sejumlah fasilitas kesehatan.

Namun Ketua PMI Kota Palembang, Fitrianti Agustinda mengakui akibat pandemi Covid-19, masih ada kekhawatiran masyarakat soal donor darah. Tapi katanya, kekhawatiran soal virus Corona dan lainnya dibantahkan dengan telah dimilikinya sertifikat Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) pada tahun lalu.

“Tahun lalu kita punya CPOB yang memastikan pengolahan darah di PMI dilakukan dengan sangat baik, aman dan steril,” katanya, Selasa (7/2/2023).

Tulisan lainnya :   Sumsel Setujui Cabor Kempo Dipertandingan di Popnas XVI

Berdasarkan catatan BPOM RI, UTD PMI Palembang menjadi penerima sertifikat CPOB ketiga di Sumatera dan ke-17 di Indonesia dari total 400 unit UTD.

Dengan adanya sertifikat CPOB maka masyarakat Palembang bisa mendapatkan kualitas darah yang lebih baik.

Sementara stok darah yang ada di PMI Palembang, sampai saat ini masih aman dengan kebutuhan 5.000 kantung per bulan. Saat Covid meningkat jadi 7.000 per bulan, untuk memenuhi kebutuhan tersebut pihaknya terus melakukan jemput bola ke instansi, ke kelurahan dan kecamatan.

Tulisan lainnya :   Brigjen Pol Zulkarnain Jabat Wakapolda Sumsel

Selain itu, PMI juga akan membentuk pendamping atau petugas PMI dari lurah dan tokoh masyarakat di 107 kelurahan. Petugas PMI di kelurahan ini nantinya akan bertugas untuk menyosialisasikan terkait program dan kegiatan dari PMI seperti apa manfaat dari donor darah, dan mengajak masyarakat untuk tidak takut mendonorkan darahnya. (gih)

Editor : edi

Check Also

Pj Gubernur Sumsel, Agus Fatoni meninjau flyover Sekip Ujung Palembang yang segera digunakan pengendara, Kamis (6/6/2024). Foto: Humas Pemprov Sumsel.

Flyover Sekip Ujung Mulai Dibuka

SUMSELHEADLINE.COM, PALEMBANG — Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan, Agus Fatoni mengumumkan bahwa Flyover Sekip Ujung …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *