Ajakan Pemkab Muba untuk cegah DBD

Mau Sukses, Fokuslah dengan Potensi Diri

SUMSELHEADLINE.COM, PALEMBANG — Sebagai sosok yang lama berkecimpung sebagai pengusaha, Gubernur Sumsel, Herman Deru banyak memberikan tips kepada ratusan wirausaha muda dalam acara Pesta Wirausaha Palembang 2022 yang digelar Komunitas Tangan di Atas (TDA) di Kampus MDP Palembang, Minggu (13/11) pagi.  Salah satu tipsnya ujarnya, pintar membaca momentum. “Harus pintar baca momentum . Tentukan dulu kita mau mulai dari mana, lalu apa yang ingin kita capai,” jelasnya.

Baru selanjutnya calon pengusaha muda melihat potensi yang dimiliki. “Istilahnya jangan main orgen kalau kita pintarnya bergitar. Fokus saja bergitar dan kembangkan kemampuan bergitar kita,” umbuhnya. Selain membaca momentum dan membaca potensi diri, hal yang tak kalah penting harus dilakukan adalah menghitung kemampuan serta bisa membaca peluang pasar. “Kita ini kebanyakan lihat orang ramai jualan sesuatu atau bisnis sesuatu, jadi ikut-ikutan. Padahal jelas-jelas karena sudah banyak orang menjalankan bisnis itu ya peluangnya menjadi kecil,” jelasnya.

Tulisan lainnya :   Jokowi Tegaskan tak Boleh Lagi Bicara Tiga Periode dan Penundaan Pemilu

Dalam kesempatan itu, Herman Deru juga menghimbau agar para pemangku kebijakan dapat menyentuh apa-apa saja hal.yang dibutuhkan para entrepreneur muda. Bukan sebatas permodalan semata namun juga pembinaan dan yang tak kalah penting adalah membukakan peluang pasar. “Setelah potensinya kita ketahui, maka kita latih dengan workshop selanjutnya adalah membuka peluang pasar. Ini tugas pemangku kebijakan untuk selanjutnya diawasi,” jelasnya. Di hadapan para wirausaha muda tersebut Herman Deru bahkan sedikit bernostalgia. Menurutnya, menjadi pengusaha menjadi pilihannya karena dapat memberikan kebebasan yang hakiki.

Tulisan lainnya :   Dari 56 Ruas Jalan Rusak, Baru 10 Ruas Akan Diperbaiki

Sementara itu Presiden TDA, Ibrahim Mohammad Bafaqih mengatakan bahwa TDA tak ubahnya rumah bersama enterpreneur yang bertumbuh dan bermetamormofis menjadi pengusaha berdaya. Mereka bertumbuh melalui kolaborasi dan silaturahmi dan keseimbangan hidup. Saat ini TDA jelas Ibrahim sudah hadir di102 kota/kab di Indonesia dan 4 cabang di luar negeri dengan beranggotakan hingga 31 ribu orang. TDA jelasnya fokus pada tiga kegiatan yang berhubungan dengan edukasi yakni melalui youtube berupa literasi digital. kemudian program andalan kelompok monitoring bisnis serta edukasi secara offline mauoun online. (fer)

editor : edi

Check Also

Para peserta gowes dalam rangka HUT Palembang, Sabtu (22/6/2024). Foto: Kominfo Palembang.

Gowes HUT Palembang Bertabur Hadiah

SUMSELHEADLINE.COM, PALEMBANG — Ribuan Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Palembang bersama masyarakat meramaikan kegiatan sepeda …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *