Ajakan Pemkab Muba untuk cegah DBD
Peserta pawai di pembukaan HUT Dekranas di Kota Solol, Rabu (15/5/2024). Foto: Humas Pemprov Sumsel.
Peserta pawai di pembukaan HUT Dekranas di Kota Solol, Rabu (15/5/2024). Foto: Humas Pemprov Sumsel.

Dekranas Diminta Dapat Mewadahi Pengrajin Lokal

SUMSELHEADLINE.COM, SOLO — Penjabat (Pj) Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sumatera Selatan, Tyas Fatoni menghadiri puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) ke-44 di Solo, Rabu (15/5/2024). Kegiatan itu dihadiri Ibu Negara Republik Indonesia (RI) Iriana Joko Widodo.

Terlihat Ibu Iriana Joko Widodo tiba sekira pukul 09.00 WIB mengenakan kebaya berwarna oranye. Selain itu, hadir juga sejumlah istri pejabat, di antaranya Ketua Umum Dekranas Wury Ma’ruf Amin dan Ketua Harian Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Tri Suswati (Tri Tito Karnavian). Han hadir pula seluruh anggota Organisasi Aksi Solidaritas Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM).

Pada kesempatan ini, Ibu Iriana mengucapkan selamat ulang tahun ke-44 untuk Dekranas sekaligus selamat datang kepada pengurus Dekranas, para Ketua Dekranas se-Indonesia dan para undangan yang hadir.

Tulisan lainnya :   Bangun Gedung FK Unsri di Komplek RSUD Siti Fatimah, Sumsel Jadi  Trendsetter Pendidikan di Sumatera

“Bismillahirrahmanirrahim, saya buka acara ini,” ucapnya saat membuka acara yang dilanjutkan memotong tumpeng yang kemudian diserahkan ke Ketua Umum Dekranas.

Dalam kesempatan yang sama, Wury Ma’ruf Amin mengatakan agar Dekranas dapat mewadahi para pengrajin lokal dan meningkatkan perekonomian masyarakat juga menggunakan bahan yang disediakan alam. Hal ini juga sesuai dengan tema yang diusung, yaitu ‘Back to Nature’.

“Agar Dekranas bisa menjadi pendorong dan wadah bagi para perajin lokal supaya mampu berdaya saing dengan memanfaatkan penggunaan bahan alam,” kata Wury.

Di lain pihak, Penjabat (Pj) Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sumsel Tyas Fatoni menyebut pada momen HUT ke-44 tahun kali ini pihaknya dari Dekranasda Sumsel berkomitmen mendorong kemajuan para pengrajin di Sumsel agar selalu berkreativitas dan meningkatkan kemampuan diri untuk menghasilkan karya terbaik.

Tulisan lainnya :   Titik Pantau Tilang Elektronik di Palembang Terus Ditambah

“Pada peringatan HUT Dekranas ini, kita (Sumsel) ikut berpartisipasi dalam pameran Dekranas dan mengenalkan wastra Sumsel kepada khalayak. Wastra Sumsel yang mana dalam proses pengerjaan dan pewarnaannya selalu menggunakan bahan-bahan alami, baik dari material kain dan corak warnanya. Ini sesuai dengan konsep Back To Nature,” ujar Tyas Fatoni.

Sementara itu, dalam rangkaian acara HUT ke-44 Dekranas akan dilaksanakan juga parade mobil hias kriya dan budaya. Selain itu juga diselenggarakan pameran produk unggulan di setiap daerah dan pelatihan bagi para perajin. (nda/*)

Editor: Edi

Check Also

Kepala BNNP Sumsel, Brigjen Pol Tri Julianto Djatiutomo saat press release, Kamis (18/7/2024). Foto: Sumselheadline/Ela.

BNNP Sumsel Gagalkan Peredaran 13 Kg Sabu Asal Malaysia

SUMSELHEADLINE.COM, PALEMBANG — Sebanyak 13 Kilogram (Kg) narkotika jenis sabu-sabu asal Malaysia gagal diedarkan ke wilayah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *