Ajakan Pemkab Muba untuk cegah DBD
Herman Deru bersama para pemuda jurai basemah, yang mendeklarasikan akan memenangkan HD pada Pilkada Nopember 2024 mendatang. Foto: Dok Pemuda Basemah.
Herman Deru bersama para pemuda jurai basemah, yang mendeklarasikan akan memenangkan HD pada Pilkada Nopember 2024 mendatang. Foto: Dok Pemuda Basemah.

Dinilai Peduli Daerah, Pemuda Jurai Besemah Bersatu Siap Menangkan HD

SUMSELHEADLINE.COM, PALEMBANG — Setelah sebelumnya para tokoh yang tergabung dalam Jurai Besemah Bersatu (JBB) menyatakan dukungan terhadap pencalonan Herman Deru, kemarin giliran kalangan Pemuda yang tergabung dalam Pemuda Jurai Besemah Bersatu (PJBB) menyatakan dukungan dan siap memenangkan Herman Deru dalam Pilgub Sumsel yang akan digelar November 2024 mendatang.

Ketua Umum PJBB, M. Aldi SIP menegaskan, berdasarkan musyawarah kalangan Pemuda dan mahasiswa asal Besemah ( Pagaralam, Lahat dan Empat Lawang) yang tersebar di 17 kabupaten dan kota se-Sumsel, disepakati dengan bulat bahwa PJBB mendukung dan siap memenangkan Herman Deru dalam Pilkada Sumsel 2024 mendatang.

“Setelah melalui kajian, analisa dan pengamatan di lapangan, kami merasa yakin bahwa Pak Herman Deru adalah figur yang terbaik dari beberapa kandidat calon gubernur yang beredar saat ini. Pak Herman Deru terbukti mempunyai karya dan kerja nyata memajukan wilayah Besemah” tegas Aldi usai silaturahim dengan Herman Deru di kediamannya, Jl Taman Kenten, Palembang, Minggu (21/4).

Menurut Aldi, sebagai organisasi wadah kepemudaaan dan mahasiswa, PJBB telah banyak mendapatkan informasi, saran dan masukan agar para pemuda asal Besemah menyuarakan kemajuan wilayah Besemah selama 5 tahun kepemimpinan Herman Deru. Kemajuan di bidang infrastruktur jalan dan jembatan, irigasi pertanian, sarana pendidikan, gedung olahraga, rumah sakit dan pembangunan di di bidang pariwisata.

“Baru di zaman Pak Herman Deru inilah setiap tahun dilaksanakan even nasional Sriwijaya Dempo Run yang diikuti ribuan pelari lokal dan nasional.Kegiatan ini sangat berdampak terhadap ekonomi masyarakat,” ujar lulusan Fisip Unsri asal Dusun Teguh Wangi, Pagaralam ini.

Yang lebih membanggakan, kata Aldi, setelah bertahun-tahun menunggu, barulah atas prakarsa dan bantuan Herman Deru, maka mulailah dibangun Gedung Olahraga (GOR) di Kota Pagaralam yang terletak di Kebang Agung yang akan terus dikembangkan menjadi stadion olahraga yang lebih lengkap sarana dan prasarananya. “Kami sangat berterimakasih sekali atas kepedulian Pak Herman Deru untuk memajukan olahraga” tegas Aldi.

Sekretaris PJBB, Hendias Juniansyah SPd, MPd mengatakan, kepedulian Herman Deru terhadap wilayah Besemah antara lain dengan menetapkan Kabupaten Lahat sebagai tuan rumah Porprov ( Pekan Olahraga Tingkat Provinsi Sumsel) tahun 2023 lalu yang berjalan sukses.

Dimana dengan ditetapkan Kabupaten Lahat sebagai tuan rumah, maka pembangunan venue-venue olahraga dilakukan secara besar-besaran dengan melibatkan pemda , BUMN dan pihak swasta.

“Wajar saja jika saat ini sarana atau Venus olahraga di Kota Lahat makin lengkap dan bersandar nasional” ujar Hendias didampingi puluhan anggota PJBB.

Tulisan lainnya :   Warga Lubuklinggau Antre Elpiji 3 Kg

Yang tidak kalah pentingnya, kata Hendias, terobosan Herman Deru yang mencanangkan Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) yang telak sukses mengubah cara pandang (mindset) masyarakat Sumsel yang sebelumnya konsumtif menjadi produktif dengan memanfaatkan kebun dan lahan pekarangan yang ada.

“GSMP ini terbukti mampu menurunkan angka kemiskinan , angka stunting dan mengendalikan inflasi di Sumsel.. GSMP ini terobosan brilian Pak Herman Deru” ujar alumnus Pasca Sarjana Unsri ini.

Dengan berbagai bukti keberhasilan membangun itulah, kata Hendias, maka PJBB secara bulat telah mengambil sikap mendukung dan siap memenangkan Herman Deru dalam Pilgub Sumsel 2024 mendatang.

“Ribuan Pemuda dan mahasiswa yang tergabung dalam PJBB siap turun ke bawah, mensosialisasikan keberhasilan Pak Herman Deru dan menggalang dukungan masyarakat, ” tegas Hendias bersemangat disambut tepuk tangan kawan-kawanya.

Sebelumnya, para tokoh masyarakat Besemah ( Lahat, Pagaralam dan Empat Lawang) mulai menyatakan dukungan dengan merapat kepada Calon Gubernur Sumsel, H. Herman Deru. Mereka menilai sampai saat ini Herman Deru adalah kandidat terkuat untuk memenangkan Pilkada Gubernur Sumsel yang akan digelar November 2024 mendatang.

Anggota DPRD Sumsel asal Dapil 7, Rudi Hartono mengatakan, dari hasil reses dan bertemu masyarakat di Besemah ( Lahat, Pagaralam dan Empat Lawang) didapat bahwa aspirasi, keinginan dan harapan masyarakat terhadap sosok Herman Deru masih begitu tinggi. Masyarakat begitu mengenal dan merasa kedekatan dengan mantan Bupati OKU Timur dua periode tersebut.

“Selain itu , selama menjadi Gubernur Sumsel, Pak Herman Deru sudah terbukti berkontribusi besar membangun dan memajukan Kabupaten Lahat, Pagaralam dan Empat Lawang” jelas Rudi Hartono kepada wartawan usai silaturahim di kediaman Herman Deru, Jl Taman Kenten, Palembang, kemarin.

Menurut Rudi, kepedulian dan perhatian Herman Deru terhadap daerah Besemah tidak diragukan lagi. Terbukti selama 5 tahun menjadi Gubernur, sebanyak hampir Rp 2 Triliun bantuan keuangan Gubernur (bangub) diluncurkan ke Lahat, Pagaralam dan Empat Lawang. B

angub tersebut dialokasikan untuk membangun infrastruktur di 3 daerah tersebut, seperti jalan, irigasi, sarana pendidikan, gedung olahraga , rumah sakit dan lainnya. “Bangub yang jumlahnya begitu besar itu sangat berdampak terhadap pembangunan daerah. Para bupati dan walikota sangat terbantu dan masyarakat sangat merasakannya, ” papar Rudi.

Hal senada disampaikan Yance Djarab. Menurutnya, perhatian Herman Deru terhadap daerah Besemah sudah terbukti dan bukan sekedar wacana. Hal ini sesuai dengan visi Herman Deru yaitu Sumsel Maju untuk Semua. Sehingga pembangunan yang dilaksanakan dilakukan secara merata di 17 kabupaten dan kota se Sumsel.

Tulisan lainnya :   Pemkab Muba Bakal Gelar Festival Tegal Mulyo

“Beliau juga begitu rajin turun ke daerah-daerah untuk melihat langsung kondisi kabupaten dan kota bahkan sampai ke desa-desa” papar putra Kolonel ( purn) H. Djarab yang pernah menjadi Bupati Bangka ini.

Anggota DPRD Sumsel terpilih, H. Alfrenzi Panggarbesi menambahkan, keinginan dan aspirasi masyarakat Besemah untuk mendukung Herman Deru pada Pilgub 2024 mendatang merupakan buah atau hasil amal perbuatan Herman Deru terhadap masyarakat di 3 kabupaten tersebut.

Mengingat selama 5 tahun menjadi Gubernur, sudah banyak pembangunan yang dilakukan.Disebutkan, di Kabupaten Lahat misalnya, ada 2 proyek pembukaan jalan baru , yaitu proyek pembangunan ruas jalan yang menghubungkan Kecamatan Pajar Bulan – Gumay Ulu dan pembangunan ruas jalan yang menghubungkan Kecamatan Tanjung Sakti PUMU dan PUMI yaitu Desa Palak Siring – Sindang Panjang. Demikian pula di Pagralam dan Empat Lawang.

“Sehingga wajar jika masyarakat Besemah ingin agar program-program pembangunan ini untuk dilanjutkan oleh Pak Herman Deru” jelasnya.

Alfrenzi mengungkapkan, khusus utk Pagaralam, perhatian Herman Deru luar biasa. Bantuan Gubernur yang diterima Pagaralam selama 5 tahun hampir Rp 500 miliar yang digunakan untuk membangun infrastruktur jalan dan irigasi sampai ke dusun, RT dan bahkan ke talang. Sarana pendidikan, SD, SMP dan SMA/ SMa juga dibangun dengan baik. ” Begitupun sektor pariwisata diperhatikan, Sriwijaya Dempo Run setiap tahun digelar di Pagaralam yang mendatangkan ribuan peserta Sehingga ekonomi masyarakat Pagaralam naik” paparnya.

Sementara itu, mantan Bupati Lahat, Cik Ujang dan Walikota Pagaralam, Alpian Maskoni di berbagai kesempatan mengakui kepedulian sosok Herman Deru terhadap pembangunan dan kemajuan kawasan Besemah. Selain rutin setiap memberikan bantuan gubernur dengan porsi yang cukup besar, sosok Herman Deru sangatlah mudah untuk ditemui dan berkomunikasi.

Sehingga persoalan-persoalan pembangunan di daerah dengan gampangnya mudah dicarikan solusinya. “Pak Herman Deru sosok Gubernur yang mengayomi dan sangat membantu para bupati dan walikota. Mungkin karena pengalaman beliau 2 periode menjadi Bupati OKU Timur Sehingga sangat memahami perasaan para bupati dan walikota ” papar Cik Ujang beberapa waktu lalu. (nda)

Editor: Ferly

Check Also

Nenek Rogaya sengaja mendatangi Sekda Muba, Apriyadi untuk berterima kasih, Jumat (12/7/2024). Foto: Kominfo Muba.

Pulang Haji Rogaya Temui Apriyadi

SUMSELHEADLINE.COM, SEKAYU — Rogaya (71), nenek dari Kampung V Kecamatan Sekayu, Jumat (12/7/2024) pagi menemui …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *