Ajakan Pemkab Muba untuk cegah DBD
Edi Kurniawan, mantan Kabid Investigasi pada Inspektorat Daerah Sumsel, dituntut dua tahun pejara di PN Palembang, Kamis (28/3/2024). Foto: Sumselheadline/Ela.
Edi Kurniawan, mantan Kabid Investigasi pada Inspektorat Daerah Sumsel, dituntut dua tahun pejara di PN Palembang, Kamis (28/3/2024). Foto: Sumselheadline/Ela.

Mantan Pejabat Inspektorat Sumsel Dituntut Dua Tahun Penjara

SUMSELHEADLINE.COM, PALEMBANG — Terdakwa Edi Kurniawan, mantan Kabid Investigasi pada Inspektorat Daerah Sumsel, akhirnya dituntut oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejati Sumsel dengan pidana penjara selama dua tahun. Tuntutan itu dibacakan pada sidang lanjutan yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Palembang, (28/3/2024).

Pembacaan amar tuntutan tersebut disampaikan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejati Sumsel, di hadapan majelis hakim yang diketuai oleh Masriati, SH, MH. Dalam amar tuntutannya, jaksa menyatakan bahwa perbuatan terdakwa Edi Kurniawan telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam melanggar pasal 5 ayat (2) Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dan ditambah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas.
Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak pidana korupsi.

Tulisan lainnya :   Bangga Prestasi Atlet PON, Gubernur Sumsel Gelontorkan Bonus

“Menuntut supaya majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Palembang yang mengadili dan memeriksa perkara ini dapat menjatuhkan pidana penjara terhadap terdakwa Edi Kurniawan dengan pidana penjara selama dua tahun, dikurangi selama terdakwa berada dalam tahanan dengan perintah supaya terdakwa tetap ditahan dan dibebankan pidana denda sebesar Rp 50 juta subsider 3 bulan,” kat JPU saat bacakan tuntutan.

Usai mendengarkan tuntutan, majelis hakim memberikan kesempatan kepada terdakwa melalui tim penasehat hukumnya untuk mempersiapkan nota pembelaan (pledoi) yang akan disampaikan pada sidang pekan depan.

Tulisan lainnya :   Ikut Amankan Aksi Tawuran, Malah Curi Motor

Dalam dakwaan JPU, terdakwa Edi Kurniawan selaku ASN atau penyelenggara negara yaitu Inspektur Daerah Investigasi pada Inspektorat Sumsel, telah menerima hadiah atau janji yang berhubungan karena jabatan dengan cara mengatasnamakan kejaksaan, dengan menjanjikan untuk mengkondisikan perkara tindak pidana korupsi dana Komite pada SMAN 19 Palembang yang sedang ditangani oleh penyidik Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Palembang.

Terdakwa Edi Kurniawan telah menerima pemberian berupa uang sebesar Rp 65 juta atau setidak-tidaknya sebesar Rp 20 dari Terdakwa Slamet selaku mantan Kepala Sekolah SMAN 19 Palembang periode 2021-2022. (Ela)

Editor: Ferly

Check Also

Pj Walikota Palembang, A Damenta meninjau anak sungai di 11 Ulu, Jumat (12/7/2024). Foto: Kominfo Palembang.

Tinjau Pemberssihan Sungai, Walikota Imbau Warga Peduli Lingkungan

SUMSELHEADLINE.COM, PALEMBANG — Pj Walikota Palembang, Dr A Damenta, Mag.rer.publ, CGCAE kembali meninjau pelaksanaan gotong …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *