Ajakan Pemkab Muba untuk cegah DBD
Ketua Umum TP PKK Pusat Tri Tito Karnavian melaunching tiga program untuk rakyat kecil di Kota Palembang, Rabu (21/2/2024). Foto: Sumselheadline/Pitria.
Ketua Umum TP PKK Pusat Tri Tito Karnavian melaunching tiga program untuk rakyat kecil di Kota Palembang, Rabu (21/2/2024). Foto: Sumselheadline/Pitria.

Hadir di Palembang, Ketum TP PKK Tri Tito Karnavian Launching Tiga Program

SUMSELHEADLINE.COM, PALEMBANG — Meresmikan tiga program sekaligus yang bermanfaat langsung bagi masyarakat, kehadiran Ketua Umum TP PKK Pusat Tri Tito Karnavian di Kota Palembang disambut baik oleh Penjabat Walikota Ratu Dewa, Rabu (21/2/2024).

Dalam kesempatan ini, Ketua Umum TP PKK Pusat di dampingi PJ Gubernur Sumsel Agus Fatoni dan PJ Walikota Palembang Ratu Dewa melaunching program Gerakan Bedah Rumah Serentak se-Sumsel (GBRSS).

Kemudian Gerakan Pembangunan Sanitasi Serentak se-Sumsel (GPSSS) dan Gerakan Penanganan Stunting Serentak se-Sumsel (GPSTSS). Kegiatan yang berlangsung di Kelurahan Karang Anyar, Kecamatan Gandus ini juga diikuti oleh Bupati dan Walikota se-Sumsel yang terhubung secara virtual.

Ratu Dewa mengucapkan terimakasih kepada Ketua Umum TP PKK Pusat atas kunjungannya ke Palembang khususnya di Karang Anyar. “Sekali lagi, saya mewakili masyarakat mengucapkan terima kasih kepada ibu Ketua Umum TP PKK yang melakukan launching program bantuan sanitasi, penanganan stunting hingga bedah rumah,” kata Ratu Dewa.

Ratu Dewa memaparkan bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang terus berupaya untuk menyejahterakan masyarakatnya dengan meningkatkan kualitas hidup melalui program salah satunya pemberian akses air minum, mengurangi jumlah pemukiman kumuh dan akses sanitasi.

Tulisan lainnya :   Warga Muba di Perantauan Dapat Fasilitas Mudik Gratis

“Alhamdulilah syukur Pemkot Palembang saat ini berhasil menyediakan 90,18 persen layanan akses air minum yang aman, persentase jumlah pemukiman kumuh yang tersisa tinggal 2,4 persen,” katanya.

Sebanyak 2,4 persen pemukiman kumuh itu berjumlah 1960 rumah yang tersebar di seluruh wilayah Kota Palembang. Khusus Kecamatan Gandus sebanyak 221 sedangkan di Kelurahan Karang Anyar terdapat 28 rumah yang tidak layak huni.

Selanjutnya Ratu Dewa juga menjelaskan bahwa capaian program stunting di Kota Palembang dari tahun ke tahun cukup menggembirakan. Angka stunting terpantau menurun dengan berbagai upaya yang telah dilakukan.

“Dalam menurunkan stunting di Palembang, kami juga selalu mendapat arahan dari bapak Gubernur. Selain itu Pemkot Palembang memiliki inovasi di bidang stunting yang menerima penghargaan IGA Award 2023 dari Mendagri,” katanya.

Tulisan lainnya :   Majelis Taklim Berkontribusi Turunkan Angka Stunting

Selanjutnya Pemkot Palembang menyambut baik dan mengapresiasi program kerja TP PKK yang melaksanakan launching gerakan berbagai program bantuan serentak Se Sumsel. “Kami yakin gerakan ini akan berpengaruh besar dalam penanganan stunting,” katanya.

Sementara itu, Ketua Umum TP PKK Pusat Tri Tito Karnavian mengungkapkan, kegiatan dilaksanakan di Gandus karena daerah ini termasuk dalam daerah dengan tingkat keluarga penerima manfaat yang tinggi.

“Kita ucapkan terimakasih pada Pemkot dan Pemprov yang sudah memperhatikan daerah ini, disini butuh diperhatikan tetapi tidak hanya disini namun se-Sumsel daerah-daerah yang perlu percepatan pembangunan,” katanya.

Tri Tito Karnavian menuturkan bahwa kegiatan launching GBRSS, GPSSS dan GPSTSS ini bertujuan supaya pemerintah memberikan manfaat seluas mungkin dan sampai pada masyarakat.

“Kita masih sedih layanan dan kebutuhan masyarakat belum terpenuhi, untuk itu hari ini kita memberikan manfaat layanan dasar, seperti bedah rumah dan kesehatan seperti sanitasi dan penanganan stunting,” katanya. (Nda)

Editor: Edi

Check Also

Maestro tari Sumsel, Bunda Elly Rudy (baju biro) semasa hidup. FotoL Dok keluarga almarhumah elly.

Bunda Elly Rudy di Mata Rekan dan Penggiat Seni

SUMSELHEADLINE.COM, PALEMBANG — Dunia seni diselimuti duka mendalam dengan berpulangnya sang Maestro Tari Sumsel Bunda …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *