Ajakan Pemkab Muba untuk cegah DBD

Kemarau Ekstrem, Suhu Sumsel di Atas Range Normal

SUMSELHEADLINE.COM, PALEMBANG — Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sumatera Selatan (Sumsel) mencatat sejak akhir September suhu udara di Sumsel meningkat.

Kepala Stasiun Klimatologi Kelas I Sumsel, Wandayantolis mengatakan, tercatat nilai suhu maksimum di Sumsel mencapai 95 persen atau dalam kategori ektrem.

Artinya suhu maksimum pada siang hari tersebut berada dalam kategori ekstrem karena di atas range normal dalam 30 tahun terakhir.

“Suhu ekstrem ini dipicu oleh kemarau dengan sifat yang lebih kering karena adanya El Nino,” katanya, Senin (2/10/2023).

Tulisan lainnya :   Tipu Belasan Calon Pengantin, Pemilik EO Ditangkap

Dengan rendahnya uap air di udara akibat kemarau, menyebabkan radiasi langsung matahari yang sampai ke permukaan bumi menjadi lebih tinggi dari biasanya.

Pada kondisi terdapat uap air sebagian radiasi langsung tersebut akan diserap atau juga dipantulkan kembali ke atmosfer.

“Ketiadaan awan-awan juga menambah kuatnya radiasi matahari yang menembus permukaan tanah,” katanya.

Meningkatnya suhu udara di permukaan, akan terjadi terutama dalam 1-2 pekan ke depan di Oktober ini.

Pada saat ini Sumsel akan memasuki periode puncak suhu maksimum utama dalam siklus tahunan.

Tulisan lainnya :   Pegawai KPK Desak Firli Cs Jalankan Rekomendasi ORI

Beberapa antisipasi yang dapat dilakukan atas paparan suhu ekstrem ini antara lain mengurangi aktivitas yang terpapar langsung oleh matahari.

Memperbanyak konsumsi air putih guna mengurangi dehidrasi. Menggunakan pelindung seperti topi dan kacamata gelap dan juga baju berlengan panjang. (Nda)

Editor : Edi

Check Also

Tim Kemenkumham sedang melakukan kegiatan pengawasan dan pemeriksaan protokol notaris di kabupaten/kota di Sumsel. Foto: Dok Kemenkumham Sumsel.

Kemenkumham Perketat Pengawasan Notaris di Sumsel

SUMSELHEADLINE.COM, PALEMBANG — Kantor Wilayah Kemenkumham Sumatera Selatan melalui Majelis Pengawas Daerah melakukan Pengawasan dan pemeriksaan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *