Ajakan Pemkab Muba untuk cegah DBD
Gubernur Sumsel Herman Deru menghadiri Opening Ceremony Peparpenas X 2023 di PSCC Palembang, Selasa (1/8/2023) malam. Foto : Humas Pemprov Sumsel
Gubernur Sumsel Herman Deru menghadiri Opening Ceremony Peparpenas X 2023 di PSCC Palembang, Selasa (1/8/2023) malam. Foto : Humas Pemprov Sumsel

Sumsel Tuan Rumah Peparpenas Pertama di Luar Pulau Jawa 

SUMSELHEADLINE.COM, PALEMBANG — Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) kembali  dipercaya sebagai tuan rumah ajang olahraga tingkat nasional.

Terbaru Sumsel sebagai tuan rumah Pekan Paralympic Pelajar Nasional (Peparpenas) X Tahun 2023 yang merupakan pertama kali digelar  di luar Pulau Jawa dalam sejarah Peparpenas ini digelar.

Dalam sambutannya pada Opening Ceremony Pekan Paralympic Pelajar Nasional (Peparpenas) X Tahun 2023 di Palembang Sport and Convention Centre (PSCC) Palembang, Selasa (1/8/2023) malam, Gubernur Sumsel H Herman Deru menyampaikan apresiasinya atas  keterlibatan para atlet dari  25 Provinsi di Indonesia yang datang membawa semangat  juang meraih kemenangan dengan didasari jiwa sportivitas yang tinggi.

Kemeriahan Opening Ceremony Pekan Paralympic Pelajar Nasional (Peparpenas) X Tahun 2023 di Palembang kali ini kian terasa karena dibuka secara langsung oleh  Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Dito Ariotedjo.

“Satu kehormatan bagi Sumsel ditunjuk menjadi tuan rumah berbagai pertandingan olahraga tingkat nasional,  Peparpenas X termasuk nanti juga Popnas,” kata Herman Deru pada acara.

Menurutnya penyelenggaraan Peparpenas X di Palembang kali ini diharapkan akan menghasilkan para juara dan bibit olahraga baru, utamanya  bagi Provinsi Sumsel yang nantinya dapat berkiprah  dikancah nasional hingga internasional.

Tulisan lainnya :   Sirnas Sumsel Berakhir, Para Mantan Pelatnas Mendominasi Juara

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Pusat atas kepercayaannya, dan kami tentu akan mengelola penyelenggaran ini dengan sebaik- sebaiknya. Insya Allah Sumsel akan berusaha keras untuk dapat menjadi tuan rumah yang baik,” ujarnya.

Dia menyebut dalam ajang Peparpenas X di Palembang kali ini, tidak hanya prestasi yang dikejar, tapi juga rekreasi. Namun terlebihnya bagi Sumsel melalui event olahraga tingkat nasional tersebut  akan berdampak pada sektor ekonomi masyarakat.

“Dengan adanya Peparpenas dan Popnas yang akan datang, mudah-mudahan misi kita dalam Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) begitu terasa. Apalagi  bagi Sumsel sebagai tuan rumah,” tutupnya.

Sementara itu, Menpora RI, Dito Ariotedjo menegaskan, multievent olaharaga yang digelar,  telah berhasil menjadi kunci utama dalam suksesnya  Indonesia ditingkat Internasional selama ini. Termasuk di dalamnya Peparpenas.

“Suksesnya  penyelenggaraan berbagai event olahraga yang kita gelar selama ini  dapat kita lihat dari prestasi Indonesia.  Dimana Indonesia  menjadi juara umum tiga kali berturut-turut pada ASEAN Paragames termasuk tahun 2023 ini,” tegasnya.

Tak hanya itu saja, lanjutnya pada tahun 2018 lalu, Indonesia  berhasil menduduki peringkat lima di Asia. Bahkan dirinya baru saja kembali dari Jerman  menghadiri Olimpiade Spesial Olympics. Kontingen Indonesia berhasil mendapatkan 10 medali emas di tingkat Dunia pada event tersebut.

Tulisan lainnya :   Ginting Luar Biasa, Juara Singapura Open Dua Tahun Berturut

Berbagai prestasi yang telah diraih para atlet Indonesia tersebut, lanjut Menpora  merupakan hasil akumulasi perjuangan para atlet muda di berbagai ajang olahraga baik tingkat nasional maupun Internasional salah satunya Peparpenas.

“Suksesan penyelenggaraan dan prestasi atlet-atlet senior ASEAN Paragames selama ini  diharapkan menjadi motivasi bagi seluruh atlet Peparpenas,” tambahnya.

Menpora menegaskan  potensi atlet Paralympic diera kepemimpinan Presiden RI Joko Widodo diberikan kesetaraan dengan hak yang sama terkait pendapatan serta apresiasi kepada atlet yang berprestasi.

“Jadi  bagi anak muda yang  punya keterbatasan,  namun memiliki semangat juang tanpa batas. Teruslah didukung dan jangan pernah patah semangat,” tutupnya.

Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta dalam laporannya menyebut , penyelenggaraan Peparpenas  X di Sumsel  berbeda dari biasanya karena ini baru pertama digelar di luar pulau Jawa. (Edi)

Editor : Ferly

Check Also

Ana/Tiwi menjuarai Australia Open 2024, Minggu (16/6/2024). Foto; IG PB PBSI.

Ana/Tiwi Perdana Juara BWF Super 500

SUMSELHEADLINE.COM, SYDNET — Ganda putri Indonesia Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi berhasil menjadi yang terbaik …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *