Ajakan Pemkab Muba untuk cegah DBD
Para jemaah yang sudah menempati maktaf di Arofah, Makkah, Senin (26/6/2023). Foto : Sumselheadline/rustam.
Para jemaah yang sudah menempati maktaf di Arofah, Makkah, Senin (26/6/2023). Foto : Sumselheadline/rustam.

Dua Juta Jemaah Sudah Bergerak ke Arofah

SUMSELHEADLINE.COM, MAKKAH –– Para jemaah haji mulai Senin (26/6/2023) pagi bergerak menuju Arofah, termasuk delapan ribu lebih jemaah asal Embarkasi Palembang.

Para jemaah diangkut menggunakan bus-bus yang sudah disiapkan panitia haji Arab Saudi, dan langsung ke maktaf masing-masing yang sudah disiapkan.

“Bus yang digunaksn jemaah dikasi label lambung sesuai maktaf. Misal kloter 16 Embsrkasi Palembang, menggunakan bus no 28, karena di arofah menempati maktaf 28,” ujar Mahmudan, Ketua Kloter 16 Embarkasi Palembang.

Pantauan langsung wartawan sekaligus pimpinan  Sumselheadline.com, Rustam Imron di Arofah, hingga pukul 17.30 waktu Arab Saudi (21.30 WIB) sebagian besar maktaf sudah terisi.

Tulisan lainnya :   Tangan Kanan Mahasisiwa Putus Tersambar Kereta Api

Berdasarkan informasi Kemenag, tahun 1444 H ini setidaknya lebih dua juta jemaah menunaikan ibadah haji, termasuk Indonesia sekitar 200 ribu jemaah. Semua jemaah akan kumpul dalam waktu bersamaan di Arofah, guna melaksanakan rukun haji wukuf pada Selasa (27/6/2023), dilanjutkan malamnya rangkaian ke Muzdalifah, Mina, dan akhirnya melontar jumroh.

Sementara pada sore hari cuaca di Arofah 47 derajat celsius. Walaupun berada di dalam maktaf cukup gerah, numun jemaah tetap khusuk melakukan berbagai ibadah, zikir, sholat, membaca Alquran, dan lainnya.

Tulisan lainnya :   Jalin Silaturrahim, Alumni SMAN 3 Palembang Lakukan Ini

Tenda berukuran sekitar 15 x 30 meter diisi oleh sekitar 360 jemaah, dengan fasilitas kasur, penerangan listrik, dan ac. Namun ac sangat terbatas, sehingga ruangan tetap cukup panas. Apalagi diisi relatif jemaah.

Sementara WC dan tempat wudhu berada di depan tenda. Jemaah pun harus sabar, karena harus antre. Namun antrenya tak begitu banyak, karena kini WC di Arofah cukup banyak. (rustam)

Editor :  Ferly

Check Also

Penjabat Gubernur Sumsel, Agus Fatoni menyuapi anak pada kegiatan Peluncuran Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor (PSA) Sumsel dan Telewicara ‘Halo PSA Sumsel’ di Griya Agung, Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (4/6/2024). Foto: Humas Pemprov Sumsel.

Sumsel Turunkan Stunting-Kemiskinan Ektrem Tercepat

SUMSELHEADLINE.COM, PALEMBANG — Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menjadi daerah yang berhasil dalam menurunkan angka stunting …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *