Ajakan Pemkab Muba untuk cegah DBD
Salah satu lam;pu jalan di Kota Palembang yang butuh perhatiana dinas terkait, Kamis (4/5/2023). Foto : Sumselheadline/Pitria.
Salah satu lam;pu jalan di Kota Palembang yang butuh perhatiana dinas terkait, Kamis (4/5/2023). Foto : Sumselheadline/Pitria.

Baru 500 Titik Lampu Jalan di Palembang Dapat Perbaikan

SUMSELHEADLINE.COM, PALEMBANG — Seolah terjadi pembiaran, lampu jalan yang mati tak kunjung diperbaiki, terus menjadi keluhan warga Kota Palembang.

Bahkan, baru-baru ini keluhan warga soal banyaknya lampu jalan yang mati dibahas di rapat paripurna DPRD Kota Palembang. Berdasarkan data sebelumnya, ada 51.000 titik lampu yang terpasang di seluruh penjuru Kota Palembang, di antaranya sekitar 2.800-an rusak.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan (Perkimtan) Kota Palembang, Affan Prapanca mengatakan, pada tahun Anggaran 2023 pihaknya sudah melakukan perbaikan-perbaikan PJU yang rusak.

“Sekitar 500 titik lampu yang sudah diganti dan pekerjaan perbaikan jaringan, serta penggantian alat-alat komponen lain, seperti trafo, MCB, kabel, dan lainnya,” katanya.

Tulisan lainnya :   Tekan Harga, Pemkot Gelar Pasar Murah di13 Kecamatan

Menurutnya, prioritas penanganan sesuai laporan yang pihaknya terima. Ada armada 9 regu siap bergerak melayani laporan masyarakat dari pagi sampai malam secara bergantian.

“Sedangkan untuk pemasangan jaringan PJU baru sedang dalam proses pengadaan,” katanya.

Perkimtan Kota Palembang akan menambah 2.340 PJU di tahun 2023 yang akan dipasang secara merata di 18 kecamatan Kota Palembang.

Menurutnya, pemasangan PJU itu berdasarkan usulan pihak Kecamatan dan Kelurahan yang menentukan kawasan prioritas pemasangan lampu jalan. “Kita telah menerima usulan pemasangan lampu jalan yang dibutuhkan masyarakat ini,” katanya.

Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda mengatakan, dari seluruh lampu jalan yang terpasang di penjuru Kota Palembang, 70 persen tidak berfungsi dengan baik.

Tulisan lainnya :   2.800 Titik Lampu Jalan di Palembang Rusak

“Kita ingin ini cepat diselesaikan sesegera mungkin, karena keluhan dari masyarakat sangat banyak,” katanya.

Saat perbaikan, diperlukan koordinator lapangan untuk lakukan pemetaan titik yang krusial dan pendataan secara real lampu lampu jalan tersebut yang tersebar di beberapa kecamatan.

“Kurangnya korlap di lapangan, hanya ada 6, keinginan saya di setiap lapangan harusnya ada 18 kecamatan sehingga mewakili perwakilan wilayah,” katanya. Untuk teknisi perbaikan lampu jalan, tentu harus ada petugas khusus yang memiliki skill ahli di bidangnya.

“Kemudian sarana dan prasarana yang masih kurang, terutama mobil dan peralatan yang bersifat untuk memperbaiki lampu jalan,” katanya. (Nda)

Editor : Edi

Check Also

Ucok Abdul Rauf Penjabat (Pj ) Wali Kota Palembang saat meninjau Pasar 16 Ilir, Rabu (19/6/2024). Foto: Kominfo Palembang.

Usai Dilantik, Ucok Langsung Pantau Pasar 16

SUMSELHEADLINE.COM, PALEMBANG — Ucok Abdul Rauf Penjabat (Pj ) Walikota Palembang   menggantikan Ratu Dewa, Rabu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *