Ajakan Pemkab Muba untuk cegah DBD
Para calon jemaah haji yang melakukan manasik lempar jumroh di Asrama Haji Palembang. Foto : Dok Sumselheadline.
Para calon jemaah haji yang melakukan manasik lempar jumroh di Asrama Haji Palembang. Foto : Dok Sumselheadline.

Jemaah Calhaj Diminta Cek Kesehatan, Ini Syarat-syaratnya

SUMSELHEADLINE.COM, PALEMBANG — Para jemaah haji Kota Palembang sudah diminta untuk melakukan cek kesehatan di sejumlah fasilitas kesehatan (Faskes), guna persiapan keberangkatan haji dan pelunasan biaya haji.

Untuk itu, Kantor Depag Palembang sudah berkirim surat kepada sejumlah KBIH dan para calon jemaah, agar mulai memeriksa kesehatan di sejumlah puskesmas yang ditunjuk di daerah masing-masing.

Surat Kandepag itu merujuk Surat Edaran Plh Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang No 456/962/DINKES/2023, 23 Februari 2023 perihal Pelaksanaan Pemeriksaan, Pembinaan Kesehatan, dan Pemberian Vaksin bagi Jamaah Haji tahun 1444 H/2023 M.

“Sehubungan dengan persiapan pemberangkatan jemaah haji Kota Palembang tahun 1444 H/ 2023 M, kami informasikan kepada pimpinan KBIHU di Kota Palembang dan jemaah haji bimbingan manasik mandiri Kemenag Kota Palembang, bahwa pemeriksaan kesehatan haji mulai dilaksanakan Februari 2023 dan pemeriksaan kesehatan dilaksanakan pada 10 (sepuluh) Puskesmas Penyelenggaraan Kesehatan Haji,” demikian isi surat yang ditandatangan atas nama Plt Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kandepag Palembang, Drs H Hermansyah, SE, MM.

Tulisan lainnya :   Renny Anggota DPR Asal Sumsel Gugat Partai Besutan Prabowo

Adapun isi lainnya dari surat tersebut:

1. Bagi jemaah haji yang belum mendapatkan vaksinasi Covid-19 dan vaksin booster agar segera melakukan vaksinasi, karena jedah waktu vaksin Cavid-19 dan meningitis adalah satu bulan;

2. Batas porsi terakhir sementara yang berhak melakukan pemeriksaan kesehatan yaitu 0600108708 (Menunggu Manifest berhak Lunas Tahun 2023 M dari Kemenag RI), jemaah penggabungan muhrim/mahrom 2020 yang telah melunasi, dan prioritas lansia Tahun 2023;

3. Untuk Jemaah haji statusnya pengajuan Pendampingan (Muhrim/Mahrom) atau pendamping lansia tahun 2023 M belum dapat melakukan proses pemeriksaan kesehatan, karena masih menunggu peraturan resmi dan Kemenag RI;

4. Wajib membawa Fotocopy BPIH dan Sertifikat Vaksin Covid-19 1 dan 2 atau Kartu Vaksin Covid- 19 yang didapat dari Aplikasi Peduli Lindungi . Persyaratan lainnya akan diberitahukan oleh pihak Puskemas pada saat jemaah haji melakukan pendaftaran awal.

Tulisan lainnya :   Izhar Lempar Ayahnya dengan Batu, Lalu Terjatuh dan Meninggal

5. Untuk Pemilihan Puskesmas kami sarankan untuk dapat memilih Puskesmas terdekat dengan alamat tempat tinggal Bapak/Ibu saat ini dan 10 Puskemas yang telah di tetapkan dalam lampiran.

Daftar Puskesmas Penyelenggara Kesehatan Haji Palembang :

1. Puskesmas Dempo, Jalan Kolonel Atmo No.861, 17 Ilir Palembang

2. Puskesmas Merdeka, Jalan Merdeka Palembang

3. Puskesmas Kampus, Jalan POM IX Kampus Palembang

4. Puskesmas Pembina, Jalan  Jend A. Yani Palembang

5. Puskesmas Kertapati,  Jalan Adikusno Cokro Suyoso Kertapati Palembang

6. Puskesmas Kenten, Jalan MP Mangkunegara No 1 Bukit Sangkal Palembang

7. Puskesmas Sematang Borang, Jalan Lematang Raya No. 16 Sialang Palembang

8. Puskesmas Sukarami, Jalan Kebun Bunga Palembang

9. Puskesmas Basuki Rahmat, Jalan Sersan Sani No.1305 Talang Aman Palembang

10. Puskesmas Plaju, Jalan DI Panjaitan Plaju Palembang. (Gih)

Editor : Ferly

 

Check Also

Para peserta gowes dalam rangka HUT Palembang, Sabtu (22/6/2024). Foto: Kominfo Palembang.

Gowes HUT Palembang Bertabur Hadiah

SUMSELHEADLINE.COM, PALEMBANG — Ribuan Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Palembang bersama masyarakat meramaikan kegiatan sepeda …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *