Ajakan Pemkab Muba untuk cegah DBD
Pelantikan pengurus Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (Persi) dan Majelis Kehormatan Etik Rumah Sakit (Makersi) Sumsel periode 2023-2026 di Hotel Novotel Palembang, Sabtu (4/2/2023). Foto : Humas pemprov Sumsel.
Pelantikan pengurus Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (Persi) dan Majelis Kehormatan Etik Rumah Sakit (Makersi) Sumsel periode 2023-2026 di Hotel Novotel Palembang, Sabtu (4/2/2023). Foto : Humas pemprov Sumsel.

Gandeng Persi-Makersi Wujudkan Sumsel Health Tourism 

SUMSELHEADLINE.COM, PALEMBANG — Gubernur Sumsel, H Herman Deru secara tegas mengharapkan agar Pengurus Perhimpunan RS Seluruh Indonesia (Persi) dan Majelis Kehormatan Etik Rumah Sakit (Makersi) Sumsel menjadi pagar dalam menjaga kepercayaan masyarakat terhadap layanan rumah sakit di wilyaha Sumsel.

Dengan demikian diharapkan masyarakat Sumsel dan sekitarnya seperti Bengkulu, Lampung, Jambi dan Bangka Belitung tetap mau berobat RS yang ada di Sumsel.

Hal itu dikatakannya saat menghadiri pelantikan Pengurus Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (Persi) dan Majelis Kehormatan Etik Rumah Sakit (Makersi) Sumsel periode 2023-2026 di Hotel Novotel Palembang, Sabtu (4/2).

“Jadi Saya ingin Persi dan Makersi ini menjadi pagar bagi pelayanan kesehatan agar masyarakat tidak berobat keluar negeri. Bagaimana caranya? Ini harus dimulai dari manajemen komunikasi, performance dan teknologi rumah sakit itu sendiri. Untuk teknologi kita tidak ada yang kalah dengan negara tetangga,” jelas Herman Deru.

Untuk mewujudkan Sumsel sebagai Provinsi health tourism, Pemprov  berkomitmen bersama-sama Persi dan Makersi untuk memberikan reward dan punishment terhadap pelayanan yang diberikan RS yang ada di Sumsel.

Tulisan lainnya :   Tingkat Pengangguran di Sumsel Turun Menjadi 3,97 Persen

“Kita kan ada organnya yaitu Makersi. Itu bisa kita lakukan agar pelayanan peningkatan semakin baik,” jelasnya.

Selain soal reward dan punishment, Herman Deru juga menyarankan agar berbagai RS di Sumsel mulai menonjolkan keunggulannya masing-masing. Misalnya RS Siti Fatimah unggulannya jantung dan orthopedi, kemudian misalnya RS Siloam dengan program bayi tabung, kemudian RS Pelabuhan dengan penanganan ginjal.

“Sehingga ini bisa mewujudkan cita-cita besar kita Sumsel sebagai tujuan health tourism,” jelasnya.

Senada dikatakan Ketua Umum Persi Pusat, dr. Bambang Wibowo Sp.OG (K), Mars, Fisqua. Menurutnya persoalan dan  juga menjadi tantangan besar bagi Persi bahwa faktanya ada Rp100 trliun uang yang keluar untuk berobat ke luar negeri.

Karena itu pula Bambang mengajak semua pihak bersama-sama menjadikan RS-RS di Indonesia terutama Sumsel menjadi RS yang dicintai masyarakat.

“Kita tidak usah berpikir untuk menarik orang luar berobat kesini tapi bagaimana kita menjaga agar RS kita dicintai masyarakat,” jelasnya.

Untuk dapat dicintai masyarakat, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan. Selain kompetensi yang dimiliki, ada juga kemampuan manajerial dan komunikasi yang tak kalah membutuhkan perhatian.

Tulisan lainnya :   Datangi Lokasi Kebakaran, HD Beri Bantuan dan Semangati Warga

“Intinya komunikasi pimpinan rumah sakit dan juga para dokternya,” jelas Bambang.

Kepada pengurus yang baru dilantik, Bambang juga berpesan agar rajin membaca AD/ART agar dapat menjalankan fungsi organisasi dengan sebaik mungkin.

Dalam sambutannya Bambang juga sempat memuji komitmen Gubernur Herman Deru di bidang kesehatan. Menurutnya lomitmen yang ditunjukkan Hermn Deru sebagai kepala daerah begitu luar biasa. Hal itu dibuktikan dengan kehadirannya pada kegiatan kesehatan yang diadakan di Sumsel.

Selain menghadiri pelantikan pengurus, Gubernur Herman Deru juga berkesempatan membuka seminar yang digelar dalam rangkaian pelantikan Pengurus Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (Persi) dan Majelis Kehormatan Etik Rumah Sakit (Makersi) Sumsel periode 2023-2026 tersebut.

Tampak hadir, Ketua Persi Wilayah Sumsel dr. Hj. Makiani, SH.MM, Ketua Makersi Sumsel Prof. Dr. Hardi Darmawan, Ketua DPRD Kota Palembang Zainal Abidin SH dan sejumlah Kepala OPD dilingkungan Pemprov Sumsel. (gih)

editor : edi

Check Also

Pj Gubernur Sumsel, Agus Fatoni meninjau flyover Sekip Ujung Palembang yang segera digunakan pengendara, Kamis (6/6/2024). Foto: Humas Pemprov Sumsel.

Flyover Sekip Ujung Mulai Dibuka

SUMSELHEADLINE.COM, PALEMBANG — Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan, Agus Fatoni mengumumkan bahwa Flyover Sekip Ujung …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *