Ajakan Pemkab Muba untuk cegah DBD

Rela Telusuri Pelosok Desa Demi Pangan Warga

SUMSELHEADLINE.COM, MARTAPURA — Menjadikan warga Sumsel mandiri dalam bidang pangan, benar-benar menjadi komitmen Gubernur Sumsel, Herman Deru. Karena itulah dia membuat program Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP).

Atas dasar itu pula, orang nomor satu di Sumsel itu gencar mensosialisasikam program GSMP. Bahkan, hingga rela datan ke pelosok -desa. Seperti yang dilakukannya pada Rabu (28/9/2022) usai sholat ashar, dengan menyaksikan dan ikut langsung panen padi IP200 dan  menanam benih pepaya california di Desa Minanga Tengah, Kecamatan Semendawai Barat, Kabupaten OKU Timur.

Dia pun tampak asyik menaiki sepeda motor berboncengan dengan anaknya Hj Samantha Tivani menyusuri tembokan dan jalan sawah. Di sela kegiatan itu, Herman Deru mengatakan bantuan peralatan yang telah diberikan Pemprov sudah cukup banyak. Hanya tinggal menambah bantuan infrastruktur, seperti irigasi.

Tulisan lainnya :   Sistem Kerja PPPK Kontrak per Lima Tahun, Para Pegawai Resah

Namun lanjutnya, selain padi, warga juga bisa menanam lainnya seperti  jagung, pepaya, dan cabai.  ” Saya panen padi IP200 dan ini membanggakan sekali. Ke depan budidaya ini diperluas lagi, agar ada ciri khas-ciri khas,” katanya.

Dalam kesempatan itu gubernur juga memaparkan bahwa pada tahun 2021, Sumsel  masih bisa memperoleh kembali penghargaan dari Bapak Presiden sebagai lima dari Provinsi Penghasil Produksi Padi Terbesar tingkat nasional.  Penghargaan itu merupakan kerja semua pihak dalam mencapainya, dan tentunya tidaklah mudah untuk mempertahankannya.

“Banyak permasalahan yang masih dijumpai di lapangan antara lain Indeks pertanaman rata–rata di lapangan masih dibawah Luas Baku Sawah yang belum optimal, serta yang paling mempengaruhi jumlah peningkatan produksi padi adalah faktor iklim dengan curah hujan yang cukup tinggi,” katanya.

Tulisan lainnya :   Nekad Panjat Tower, Aji Sempat Ngeluh Susahnya Cari Makan

Untuk mendukung itu semua, Sumsel sudah memiliki tambahan penyuluh sebesar 1.400 orang tenaga PPEP, dan diharapkan kehadiran mereka di lapangan dapat mendorong peningkatan intensitas pertanaman padi yang semula hanya satu kali menjadi dua kali, dua kali menjadi tiga kali dan seterusnya sehingga dapat menambah peningkatan produksi padi Sumatera Selatan.

Usai panen padi IP200 bersama, penanaman Pepaya California, Gubernur Herman Deru juga melakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Asrama Santri Pondok Pesantren Minanga Darussalam di lokasi yang sama.  (fer/*)

editor : ferly

Check Also

Jaksa penunjukkan foto Alnaura yang dinyatakan buron kasus investasi bodong. Foto: Dok Kejaksaan Tinggi Sumsel.

Interpol Keluarkan Red Notice Selebgram Palembang Alnaura

SUMSELHEADLINE.COM, PALEMBANG — Pihak Interpol dikabarkan telah menerbitkan Red Notice  terhadap selebgram Palembang sekaligus DPO kasus …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *