Ajakan Pemkab Muba untuk cegah DBD
Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan, Agus Fatoni secara resmi membuka Syariah Festifal Sriwijaya 2024 yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia Perwakilan Sumsel. Kegiatan ini berlangsung di Palembang Indah Mall (PIM), Kamis (28/3/2024) sore. Foto: Humas Pemprov Sumsel.
Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan, Agus Fatoni secara resmi membuka Syariah Festifal Sriwijaya 2024 yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia Perwakilan Sumsel. Kegiatan ini berlangsung di Palembang Indah Mall (PIM), Kamis (28/3/2024) sore. Foto: Humas Pemprov Sumsel.

Syariah Festival Momentum Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi Syariah

SUMSELHEADLINE.COM, PALEMBANG — Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan, Agus Fatoni secara resmi membuka Syariah Festifal Sriwijaya 2024 yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia Perwakilan Sumsel. Kegiatan ini berlangsung di Palembang Indah Mall (PIM), Palembang, Sumatera Selatan.

Fatoni menyebut ekonomi syariah di Sumsel perlu dikembangkan dengan melibatkan para pelaku Usaha Kecil, Mikro dan Menengah (UMKM) dan Pondok Pesantren. Hal ini diyakini mampu menjadi motor penggerak ekonomi kerakyatan berbasis syariah dalam mendukung terwujudnya ekosistem halal value chain yang berdaya saing tinggi.

“Pemprov Sumsel mengapresiasi inisiatif, komitmen dan peran nyata Bank Indonesia serta Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah yang secara konsisten dan berkesinambungan terus melakukan upaya pengembangan ekonomi dan keuangan syariah. Salah satunya melalui kegiatan yang Syariah Festival Sriwijaya dalam rangka Road to Festival Ekonomi Syariah Sumatera 2024,” ungkap Fatoni.

Fatoni menyebut dalam upaya mendukung terwujudnya ekosistem halal yang berdaya saing tinggi diperlukan integrasi dan kolaborasi dari setiap elemen pendukung ekonomi syariah, termasuk koordinasi para pemangku kebijakan, dukungan regulasi dan insentif pemerintah untuk mengembangkan industri halal guna mensuplai kebutuhan halal lifestyle masyarakat.

Tulisan lainnya :   Museum Tekstil Dijadikan Area Pasar Beduk

“Kami berharap kegiatan ini dapat menjadi momentum akselerasi pertumbuhan ekonomi syariah di Provinsi Sumatera Selatan,” harapnya.

Fatoni menegaskan Pemprov Sumsel terus berkoordinasi dan berkolaborasi dengan Bank Indonesia, perbankan syariah, instansi, lembaga terkait, akademisi, praktisi serta penggiat ekonomi dan keuangan syariah untuk terus mendorong pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di daerah.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Perwakilan (BI)  Provinsi Sumsel Ricky P. Gozali mengatakan pihaknya secara konsisten dalam menampilkan dan mempromosikan produk maupun kegiatan terkait ekonomi syariah di Provinsi Sumsel. Sebagaimana diketahui Syariah Festival Sriwijaya akan berlangsung pada tanggal 28-30 Maret mendatang dengan mengusung tema ‘Penguatan Ekonomi dan Keuangan Syariah Melalui Pengembangan Ekonomi dan Industri Halal’.

Tulisan lainnya :   Demi Membantu Ekonomi Warga, Herman Deru Cueki Bully-an

“Rangkaian kegiatan Safari 2024 ini akan diisi oleh berbagai kegiatan yang menarik antara lain meliputi perlombaan, seminar, sertifikasi dan konsultasi produk halal, kemudian juga Expo dan produk layanan keuangan syariah, UMKM hingga fasilitas matching bisnis dengan berbagai kegiatan,” kata Ricky.

Turut hadir sejumlah pejabat, di antaranya Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palembang Zulkarnain, Ketua Kadin Sumsel Affandi Udjie dan Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Muhammad Latif.

Dalam kesempatan tersebut, Pj Gubernur menyerahkan sertifikat halal bagi sejumlah pelaku UMKM dalam Kota Palembang. Adapun pembukaan Festival ini ditandai dengan pemukulan bedug.

Hadir pula dalam kesempatan yang sama Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palembang H. Zulkarnain, Ketua Kadin Sumsel Affandi Udjie dan Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Muhammad Latif. (gih)

Editor: Edi

Check Also

Karet sumsel

Hilirisasi tak Kunjung Terwujud, Produksi Karet Sumsel Terancam

SUMSELHEADLINE.COM, PALEMBANG — Karet sebagai produk unggulan Sumatera Selatan (Sumsel) terancam hilang, karena berbagai persoalan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *