Ajakan Pemkab Muba untuk cegah DBD
Kades Betung, PALI dan tim kuasa hukumnya usai sidang di PTUN Palembang. Foto: Sumselheadline/Ela.
Kades Betung, PALI dan tim kuasa hukumnya usai sidang di PTUN Palembang. Foto: Sumselheadline/Ela.

Pergantian Perangkat Desa Betung Disahkan Hakim PTUN Palembang

SUMSELHEADLINE.COM, PALEMBANG — Setelah menjalani proses tahapan persidangan, akhirnya Kades Betung Selatan menang dalam gugatan di PTUN. Putusan tersebut tertera dalam petikan No : 77/G/2023/PTUN.PLG yang dibacakan langsung Ketua majelis hakim Erly Suhermanto, SH.

“Alhamdullilah klien kami memenangkan gugatan PTUN dengan No : 77/G/2023/PTUN.PLG,” ungkap penasehat hukum tergugat, Suwito Winoto, Jumat (29/3/2024)..

Suwito Winoto menjelaskan, sebelumnya kliennya, Kades terpilih Betung Selatan digugat atas sengketa Nomor : 01/KPTS/BS/2023 tentang pemberhentian dan pengangkatan perangkat Desa Betung Selatan, Kecamatan Abab, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir.

Tulisan lainnya :   Sandi Pastikan Layanan Publik Berjalan Baik

“Jadi, majelis hakim menolak semua gugatan dari penggugat. Dan menyatakan gugatan dari pada penggugat itu kalah dan dimenangkan oleh tergugat I dan tergugat Intervensi, dalam hal ini kepala desa yang menang dan perangkat desa yang baru,” ujarnya.

Suwito Winoto menjelaskan, yang menjadi dalil dan jawaban para Tergugat II Intervensi atas gugatan Penggugat adalah penerbitan objek sengketa telah sesuai dengan kewenangan.

Bahwa Tergugat I sebagai Kepala Desa Betung Selatan berwenang memberhentikan perangkat desa, sebagaimana diatur dalam Pasal 6 Ayat (1) Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 67 Tahun 2017, Perubahan Atas Peraturan Menteri Dalam Negeri.

Tulisan lainnya :   Peduli Produk Lokal, Warga Gunakan Besek Bambu untuk Daging Kurban

Juga nomor 83 Tahun 2015 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa juncto Pasal 13 ayat (1) Peraturan Daerah Kabupaten PALI Nomor 5 Tahun 2019 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa, yang menyatakan Kepala Desa memberhentikan Perangkat Desa setelah berkonsultasi dengan Camat,” pungkasnya. (Ela)

Editor: Ferly

Check Also

Nenek Rogaya sengaja mendatangi Sekda Muba, Apriyadi untuk berterima kasih, Jumat (12/7/2024). Foto: Kominfo Muba.

Pulang Haji Rogaya Temui Apriyadi

SUMSELHEADLINE.COM, SEKAYU — Rogaya (71), nenek dari Kampung V Kecamatan Sekayu, Jumat (12/7/2024) pagi menemui …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *