Ajakan Pemkab Muba untuk cegah DBD
Toko kurma Al Balad yang berada di Jalan Srijaya Negara, Bukit Besar Palembang, Rabu (13/3/2024). Foto: Sumselheadline/Pitria.
Toko kurma Al Balad yang berada di Jalan Srijaya Negara, Bukit Besar Palembang, Rabu (13/3/2024). Foto: Sumselheadline/Pitria.

Kurma Diserbu Saat Ramadhan, Penjualan Laku Keras

SUMSELHEADLINE.COM, PALEMBANG — Kurma identik menjadi menu utama saat buka puasa di bulan Ramadhan, karena selain sunnah Rosul juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Sebagian besar orang mengonsumsi buah kurma dengan dimakan langsung. Ada juga bagi yang tidak ingin bosan diblender menjadi susu kurma, atau dicampur dalam adonan roti.

Begitu banyaknya peminat kurma, saat Ramadhan tiba tempat penjualan kurma diserbu pembeli terutama masyarakat muslim. Seperti salah satunya toko kurma Al Balad yang berada di Jalan Srijaya Negara, Bukit Besar Palembang ramai dikunjungi pembeli.

Toko Al Balad pun memastikan, tokonya tidak menjual kurma Israel seperti imbauan Majelis Ulama Indonesia (MUI) agar tidak menjual atau pun membeli kurma produk Israel.

Di toko ini banyak berbagai jenis kurma yang ditawarkan. Untuk harga pun juga beragam mulai dari harga Rp38.000 hingga Rp140.000 per kilogram. “Toko kami tidak menjual kurma Israel. Kurma kami dari Madina, Palestina dan Mesir,” kata karyawan toko Al Balad, May.

Tulisan lainnya :   Terima Bedah Rumah dari Sekda Ratu Dewa, Jumiati Ucapkan Takbir

Menurut May, tanpa ada imbauan dari MUI memang tokonya tidak menjual kurma produk Israel. Tokonya menjual kurma dari Mesir, Palestina dan Arab Saudi. “Satu minggu jelang ramadan toko ramai pembeli, penjualan juga meningkat 50 – 70 persen,” katanya.

Kurma banyak diburu pembeli itu jenis Sukari berat 500 gramnya Rp38.000, Bam Humaira berat 500 gram Rp65.000 dan kurma Ajwa berat 500 gram Rp140.000,” katanya.

“Paling best seller itu Sukari dan Ajwa. Kalau sukari mungkin murah dan juga banyak dibeli buat dibagi-bagi,” katanya. Senada dengan Weni, Owner Delta Kurma mengatakan bahwa tokonya tidak menjual kurma produk Israel.

Tulisan lainnya :   Dini Hari Satu Rumah dan Dua Motor Ludes

“Kami tidak menjual produk kurma Israel meski ada merek yang sama yakni kurma Medjool tapi kami menjual kurma Medjool produk Palestina,” katanya.

Weni menuturkan penjualan kurma 3 hari menjelang ramadan dan saat ramadan penjualan kurmanya meningkat hingga 70 -80 persen dibandingkan hari biasa.

“Di toko kami yang paling banyak dicari itu jenis Ajwa, Sukari dan Medjool. Saat ramadan orang bisa beli sampai 8 kilogram karena untuk dibagi – bagi pada keluarga,” katanya.

Untuk harga Ajwa Rp250.000 per kilogram, Medjool Rp300.000 per kilogram, Sukari premium Rp100.000 per kilogram, kurma tangkai Rp65.000 per kilogram, Ruthob Rp120.000 per kilogram dan kurma anggur Rp60.000 per kilogram. (Nda)

Editor: Edi

Check Also

Petugas mengevakuasi jasad buruh angkut Pasar Jakabaring yang ditemukan meninggal, Selasa (23/7/2024). Foto: Sumselheadline/Ela.

Buruh Angkut Meninggal Saat Angkat Barang Konsumen

SUMSELHEADLINE.COM, PALEMBANG — Diduga terjatuh, seorang pria yang diketahui sebagai tukang keruntung atau angkut barang di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *