Ajakan Pemkab Muba untuk cegah DBD
Mawari Yahya, Harnojoyo, dan Syahrial Oesman usai memberikan keterangan pers sebagai bakal Cagub dan Cawagub Sumsel. Foto: Medsos.
Mawari Yahya, Harnojoyo, dan Syahrial Oesman usai memberikan keterangan pers sebagai bakal Cagub dan Cawagub Sumsel. Foto: Medsos.

Gandeng Harnojoyo, Mawardi Tegaskan Bakal Maju Cagub Sumsel

SUMSELHEADLINE.COM, PALEMBANG — Pasca Pilpres dan Pileg, suhu politik di Sumatera Selatan tampaknya akan selalu panas. Karena tak lama lagi akan menggelar pemilu kepala daerah (Pilkada), baik Pilwako, Pilbup, maupun Pilgub.

Dalam satu hari terakhgir, hiruk pikuk politik  lokal pun makin seru, karena Mawardi Yahya, mantan Wagub Sumsel, secara terbuka menyatakan akan maju menjadi calon Gubernur Sumsel periode 2024-2029.

Sikap Mawardi itu tentu saja sebagai tanda bahwa akan menantang Herman Deru, mantan Gubernur Sumsel yang juga pasangan Mawardi dalam menakhodai Sumsel 2018-20123.

Untuk itu, mantan Bupati Ogan Ilir itu pun mengaku akan menggandeng Harnojoyo, mantan Walikota Palembang. Kepastian duet kekduanya itu terungkap dalam pengumuman keduanya di Palembang, Minggu (10/3/2023).

Uniknya lagi, saat ketemu wartawan, Mawardi dan Harnojoyo didampingi Syahrial Oesman, mantan Gubernur Sumsel dan juga timses duet Herman Deru-Mawardi Yahya. Bahkan, Mawardi mengatakan bahwa Syahrial Oesman akan menjadi panglima perang dalam Pilkada mendatang.

Tulisan lainnya :   Dua Tahun tak Berjemash di Masjid, Imbau Jadikan Tarawih Momen Tingkatkan Silaturrahim

“Dengan berakhirnya pemilihan presiden dan legislatif, masyarakat tentu telah menantikan siapa yang akan maju pada pemilihan gubernur berikutnya. Alhamdulillah hari ini saya bersama Pak Harnojoyo telah mencapai kesepakatan untuk mencalonkan diri sebagai Kepala Daerah Provinsi Sumatera Selatan. Saya sebagai calon gubernur dan Pak Harnojoyo sebagai calon wakil gubernur. Kami memohon doa agar perjuangan kami selalu mendapat ridha Allah,” kata Mawardi Yahya.

Mawardi a juga mengajak seluruh masyarakat Sumatera Selatan untuk bersiap-siap dan bersatu dalam proses pemilihan kepala daerah. “Kami memperoleh mandat dari perjuangan yang dipimpin oleh Syahrial Oesman. Kami memutuskan untuk mengumumkan ini hari ini, karena kami percaya bahwa perjuangan kami masih menuju kemenangan, baik dalam pemilihan presiden dan legislatif maupun dalam pilkada,” tambahnya.

Tulisan lainnya :   Gedung Disegel, Pedagang 6 Ilir Minta Ganti Rugi

Mawardi mengaku baru menentukan pasangan, sementara partai akan ditentukan kemudian. Disampingnya, Harnojoyo mengaku pihaknya siap menghadapi pemilihan Gubernur Sumatera Selatan.

Bila fakta politik seperti di atas terjadi, maka pertarungan politik tingkat Sumsel itu diperkirakan akan semakin seru. Mengingat, Herman Deru sendiri dinilai banyak kalangan, masih sangat banyak dukungan. Apalagi selama ini dia dikenal sebagai gubernur yang peduli dengan daerah, dimana program pembangunan infrastruktur jalan, jembatan, dan lainnya banyak dibangun di seluruh kabupaten/kota.

“Tinggal sekarang siapa yang menjadi calon wakilnya. Tentu ini akan seru. Kita lihat saja perkembangannya ke depan, karena politik bisa saja berubah dalam hitungan detik, termasuk soal pasangan calon,” kata seorang tokoh senior politik Sumsel.  (gih)

Editor: Edi

Check Also

Pj Walikota Palembang, A Damenta meninjau anak sungai di 11 Ulu, Jumat (12/7/2024). Foto: Kominfo Palembang.

Tinjau Pemberssihan Sungai, Walikota Imbau Warga Peduli Lingkungan

SUMSELHEADLINE.COM, PALEMBANG — Pj Walikota Palembang, Dr A Damenta, Mag.rer.publ, CGCAE kembali meninjau pelaksanaan gotong …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *