Ajakan Pemkab Muba untuk cegah DBD
Komisi 2 DPR RI ssat kunker ke Kanreg VII BKN Palembang, Rabu (6/3/2024). Foto: Sumselheadline/Pitria.
Komisi 2 DPR RI ssat kunker ke Kanreg VII BKN Palembang, Rabu (6/3/2024). Foto: Sumselheadline/Pitria.

Pelaksanaan Tes CPNS dan PPPK Dinilai Banyak Kecurangan dan Ribet

SUMSELHEADLINE.COM, PALEMBANG — Pelaksanaan tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK) menjadi sorotan Komisi 2 DPR RI. Hal ini disampaikan saat saat kunjungan kerja terkait evaluasi penerimaan CPNS dan PPPK Tahun 2023 di Kanreg VII BKN Palembang, Rabu (6/3/2024).

Ketua Komisi II DPR RI, Ahmad Doli Kurnia Tandjung mengatakan, masalah yang ditemukan dari pelaksanaan CPNS dan PPPK pada tahun 2023 masih banyak mulai dari administrasi hingga transparansi dalam penerimaan.

“Bahkan dari anggota Komisi 2 untuk Dapil wilayah Sumatera Selatan punya sejumlah catatan terkait dengan permasalahan pelaksanaan seleksi CPNS & P3K ini,” katanya.

Beberapa poin yang menjadi sorotan Komisi 2 DPR RI terkait Evaluasi penerimaan CPNS dan PPPK Tahun 2023 di Kanreg VII BKN Palembang, yaitu administrasi yang cacat sejak awal, masih banyak permainan untuk kelulusan, persyaratan pengalaman kerja yang biasanya melibatkan orang dekat, hingga kepala OPD yang syarat politik dan uang ketika naik jabatan dan lain-lainnya.

Tulisan lainnya :   Temukan Tiga Pegawai RM tak Sadarkan Diri, Ternyata Satu Tewas

“Sebenarnya kami sudah banyak mendengarkan soal keluhan masyarakat, misal proses seleksi yang aturannya terlalu ribet, kurang transparan, dan hasilnya mengejutkan,” katanya.

Padahal KemenpanRB dan BKN selalu mengatakan untuk dalam setiap proses seleksi CASN dan PPPK tidak ada lagi praktek – praktek percaloan dan transaksional. “Tetapi nyatanya masih ada aspirasi masyarakat terkait persoalan seperti ini, maka ini yang mau kita dalami,” katanya.

Kepala Kantor Regional (Kanreg) VII Badan Kepegawaian Negara (BKN) Palembang, Margi Prayitno mengatakan, terkait temukan pihaknya melakukan koordinasi terkait permasalahan yang ada.

Tulisan lainnya :   Polrestabes Palembang Kandangkan 131 Kendaraan Tanpa Dokumen

“Bila ditemukan permasalahan kita bentuk tim untuk mencari solusi atas permasalahan termasuk juga untuk dilaporkan ke atasan untuk mendapatkan solusi terbaik,” katanya.

Dalam penyampaian ke Komisi 2 DPR RI yang melakukan kunjungan kerja ke Kanreg VII BKN Palembang juga menyampaikan bahwa pada pelaksanaan penerimaan CPNS & P3K lalu ada lebih dari 200 ribu sanggahan yang masuk. “Ini terkait data sanggahan dari pelamar, mengenai seleksi administrasi,” katanya.(Nda)

Editor: Ferly

Check Also

Pj Walikota Palembang, A Damenta meninjau anak sungai di 11 Ulu, Jumat (12/7/2024). Foto: Kominfo Palembang.

Tinjau Pemberssihan Sungai, Walikota Imbau Warga Peduli Lingkungan

SUMSELHEADLINE.COM, PALEMBANG — Pj Walikota Palembang, Dr A Damenta, Mag.rer.publ, CGCAE kembali meninjau pelaksanaan gotong …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *