Ajakan Pemkab Muba untuk cegah DBD
Gubernur Sumsel Herman Deru bersama pihak Pemkab Lahat, KONI Sumsel, dan Dispora Sumsel menggelar rapat darurat pelaksanaan Porprov Lahat di Griya Agung, Palembang, Selasa (5/9/2023) malam. Foto : Humas Pemprov Sumsel.
Gubernur Sumsel Herman Deru bersama pihak Pemkab Lahat, KONI Sumsel, dan Dispora Sumsel menggelar rapat darurat pelaksanaan Porprov Lahat di Griya Agung, Palembang, Selasa (5/9/2023) malam. Foto : Humas Pemprov Sumsel.

Porprov XIV Lahat Tetap On Schedule, Ini Pesan Gubernur

SUMSELHEADLINE.COM, PALEMBANG — Tidak ingin pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV Sumsel tahun 2023 di Kabupaten Lahat  mengalami kendala pasca ditetapkannya sejumlah pengurus  Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumsel sebagai tersangka dalam dugaan  korupsi dana hibah tahun anggaran 2021,  Gubernur Sumsel Herman Deru mengambil sikap tegas agar Porprov XIV tetap dilaksanakan sesuai dengan  jadwal  atau On Schedule.

Sikap tegas Gubernur Herman Deru tersebut disampaikannya dalam rapat bersama panitia Porprov tahun 2023 dengan melibatkan sejumlah pihak  termasuk dari  jajaran Pemkab Lahat  selaku tuan rumah Porprov XIV 2023.

Dalam rapat yang dilakukan di  Griya Agung, Selasa  (5/9) malam, gubernur menegaskan rapat yang digelar tersebut  bersifat darurat guna memastikan pelaksanaan Porprov XIV di Sumsel tetap dilaksanakan sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

“Rapat ini sifatnya darurat karena ini menyangkut nama baik KONI, Pemerintah Provinsi, dan Kabupaten  Lahat. Tujuannya untuk  menuntaskan permasalahan yang saat ini sedang kita hadapi,” kata Herman Deru.

Dalam kesempatan rapat tersebut, Herman Deru menegaskan dirinya optimis pelaksanaan Porprov tetap On Schedule atau  sesuai jadwal yang telah ditetapkan yakni 17 September 2023.

Dirinya menilai ditetapkannya sejumlah nama pengurus KONI Sumsel sebagai tersangka menjadi ujian tersendiri bagi pihak internal KONI yang secara langsung atau tidak  akan berdampak bagi pelaksanaan  sejumlah agenda kegiatan event  olahraga di Sumsel.

“Ini ujian bagi kita yang harus kita pahami dan harus kita cari jalan keluarnya, ini harus dituntaskan karena kita menjaga nama baik  keolahragaaan Sumsel  yang dalam hal ini KONI, dan menjadi ujian bagi kita semua yang harus bisa kita lewati,” ujarnya.

Tulisan lainnya :   Sindikat Ilegal Akses Dibongkar Siber Polda Sumsel

Sebab itu, Herman Deru mengajak semua pemangku kepentingan yang menjadi kepanitiaan Porprov  untuk tidak lemah dalam menyikapi permasalahan  tersebut.

“Ayo kita satukan hati untuk menavigasi permasalahan ini jangan kita melemah. Terus saja jalan untuk proses administrasinya apa yang perlu kita sederhanakan kita sederhanakan karena ini sifatnya darurat dan ujian bagi kita yang harus mampu kita lewati,”  tambahnya.

Khusus pada jajaran Dinas Pemuda dan  Olahraga Provinsi  bersama KONI Sumsel, selaku leading sektor pelaksana Porprov XIV tahun 2023,  Herman Deru intruksikan untuk tetap menjalankan tugas dan fungsinya mengakomodir pelaksanaan Porprov agar berjalan sesuai degan rencana awal.

“Pada saat  meninjau kesiapan  Porprov di Lahat. Saya bersama Bupati Lahat sudah umumkan kepada media bahwa ini akan kita laksanakan on schedule. Untuk itu kepada leading sektor kita jalankan ini sesuai tusinya,” imbuhnya.

Sebagain Gubernur, Herman Deru berjanji akan membantu penuh secara teknis maupun nonteknis pada pelaksanaan Porprov  Kabupaten Lahat. “Saya tidak akan tinggal diam akan membantu dan menjamin Porprov ini berjalan dengan lancar sesuai keinginan kita diawal, kita carikan jala keluar apa-apa saja yang menjadi kendala kita,” tandasnya.

Sementara itu Chandra SH MM, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lahat, menegaskan  pihaknya sangat siap menjadin tuan rumah pelaksanaan Porprov XIV 2023. Dia merinci 43 venue Cabang Olahraga (Cabor) telah siap untuk digunakan pada  pelaksanaan Porprov mendatang.

Tulisan lainnya :   Sumsel Juara Umum Mobil Hias di Solo

“Secara sarana dan prasarana kami siap, 43 venue yang diminta juga telah kami siapkan. Meski demikian kami juga masih membutuhkan dukungan dan bantuan dari pihak provinsi agar  porprov di Lahat ini akan berjalan dengan lancar,” kata Chandra.

Di tempat yang sama Wakil Ketua KONI Sumsel, Rizki Pratama menyebut pihaknya terus berupaya maksimal demi suksesnya pelaksanaan  Porprov XIV 2023 di Kabupaten Lahat.

“Koni Sumsel  terus melakukan koordinasi dengan Kabupaten Lahat terkait kesiapan Porprov ini. Verifikasi atlet sudah kita laksanakan, pengecekan venue dan  beberapa administrasi akan kita kaji lagi, agar tidak menyalahi,” tandasnya.

Turut hadir pula dalam kesempatan tersebut, Sekda Sumsel, Ir SA Supriono, Sekda Lahat Chandra, Wakil Ketua KONI Sumsel,Rizki Pratama, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumsel, H Rudi Irawan, Ketua KONI Lahat, Kalsun Barifi, Direktur Utama Bank Sumsel Babel, Achmad Syamsudin, Ketua Tim Verifikasi Atlet Porprov, sekaligus Kabid Hukum KONI Sumsel,  Misnan Hartono, Wakabid Ninpres KONI Sumsel sekaligus Sekretaris Panitia PB Porprov, Syamsuramel, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kab. Lahat, Benni Zainudin, dan Sejumlah Kepala OPD Kab. Lahat yang berkesempatan hadir atau yang mewakili. (edi)

Editor : Ferly

Check Also

Para peserta gowes dalam rangka HUT Palembang, Sabtu (22/6/2024). Foto: Kominfo Palembang.

Gowes HUT Palembang Bertabur Hadiah

SUMSELHEADLINE.COM, PALEMBANG — Ribuan Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Palembang bersama masyarakat meramaikan kegiatan sepeda …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *