Ajakan Pemkab Muba untuk cegah DBD
Gubernur Sumsel Herman Deru saat mengikuti kegiatan Sriwijaya Ranau Gran Fondo di Danau Ranau, OKU Selatan, Sabtu (19/8/2023). Foto : Humas Pemprov Sumsel.
Gubernur Sumsel Herman Deru saat mengikuti kegiatan Sriwijaya Ranau Gran Fondo di Danau Ranau, OKU Selatan, Sabtu (19/8/2023). Foto : Humas Pemprov Sumsel.

Sriwijaya Ranau Gran Fondo Masuk Kalender Event Nasional

SUMSELHEADLINE.COM, MUARADUA — Event Tahunan Sriwijaya Ranau Gran Fondo (SRGF) 2023  kembali digelar di pelataran Danau Ranau Kecamatan Banding Agung Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, ditandai dengan pengibaran bendera start oleh Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Herman Deru, Sabtu (19/8/2023) pagi.

Dalam event SRGF yang diinisiasi Gubernur Herman Deru digelar untuk kelima kalinya, melibatkan tidak kurang dari 1.000 peserta termasuk di antaranya Ade Agung Dinatara, pembalap nasional asal Sumsel, selain peserta dari manca negara seperti  dari Australia, Prancis dan Pakistan.

Kegiatan  memperlombakan 10 kategori, masing-masing  Kategori Road Bike (RB)  Men Elite  yang memperebutkan hadiah berupa 1 unit mobil dengan jaral tempuh 102 Km. Kemudian kategori RB Men Junior,  RB Master  A, RB Master B, RB  Women Junior dan RB Women dengan masing-masing kategori memperebutkan hadiah motor roda dua.

Selanjutnya kategori lomba MTB Men, MTB Women, Tiny Whell Men dan Tiny Whell Women masing-masing memperebutkan hadiah sepeda Polygon siskiu D5.

Selain mendapatkan hadiah tersebut para pemenang dari berbagai kategori diberikan mendali dan sejumlah uang pembinaan. SRGF kali ini juga dimeriahkan dengan keikutsertaan peserta Fun Bike dari umum.

Sebelum melepas peserta lomba, Gubernur Herman Deru  menyampaikan  terima kasih kepada para sponsor dan  serta kepala daerah  Bupati/Walikota di Sumsel  serta kepala daerah dari Provinsi tetangga yang telah ikut hadir langsung menyemarakan event yang telah ditetapkan sebagai  salah satu agenda nasional dengan  lokasi Danau Ranau atau danau terbesar kedua  setelah Danau Toba tersebut.

Tulisan lainnya :   Sudah 10 Tahun Cerai, Ayah Nagita Slavina Tuntut Harta

“Kita ketahui bahwa  Sriwijaya Ranau Gran Fondo ini merupakan yang ke lima kalinya kita gelar. Banyak dampak positif yang kita dapatkan utamanya ekonomi di sekitar begitu menggeliat,” ucap Herman Deru.

Lebih jauh dia menambahkan, contoh nyata dampak positif  yang dirasakan daerah ini dengan digelarnya SRGF  aneka jajanan dan  kuliner yang dijual warga banyak yang terjual. Demikian juga dengan  hunian homestay full,  dan yang tak kalah pentingnya objek Wisata Danau Ranau kian dikenal dikancah nasional.

“Inilah salah satu alasan Saya menginisiasi event digelar setiap tahun,” tutup Herman Deru. Sementara itu Bupati OKU Selatan Popo Ali Martopo  menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada Gubernur Herman Deru, dan  seluruh peserta yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia yang telah meramaikan SRGF Tahun 2023 di Danau Ranau OKU Selatan.

“Geliat ekonomi masyarakat luar biasa  homestay terisi penuh yang memberikan efek besar terhadap roda perekonomian sekitar,” tandasnya.

Usai melepas para peserta, Gubernur Herman Deru bersama Bupati OKUS Popo Ali Martopo, Forkopimda, Ketua Kormi Sumsel Hj Samantha Tivani HD dan Ketua TP PKK OKU Selatan dan para kepala OPD yang melakukan goes bareng dilintasan SRGF sekitar Danau Ranau. Selanjutnya rombongan Gubernur melanjutkan agenda kerjanya di Kecamatan Warkuk sembari menunggu peserta kembali ke garis  finish.

Setelah menunggu beberapa jam, tepatnya pukul 12.00 dilakukan pengumuman dan pambagian hadiah bagi pembalap yang telah berhasil mencapai garis finish tercepat dari masing-masing kategori.

Tulisan lainnya :   Usai Diperiksa Irjen Ferdy Sambo Digiring ke Mako Brimob

Hadiah utama berupa 1 unit mobil  kepada Ahmad  Yoga pembalap   asal Yogyakarta yang turun dikategori RB Men Elit. Penyerahan kunci secara simbolis  dilakukan  Gubernur Herman Deru didampingi Bupati OKUS dan Forkopimda yang hadir. Pembagian hadiah ini  sekaligus menjadi  penutup rangkaian SRGF tahun 2023.

Ahmad Yoga saat dimintai kesan dan pesannya terkait digelarnya SRGF mengaku sangat senang. Dia mengaku sudah tiga kali  ikut event tersebut dan baru tahun 2023 ini berhasil meraih juara pertama dan berhak membawa pulang 1 unit mobil sebagi hadiah utama.

“Lintasannya bagus, cuaca juga bagus, terimakasih untuk Sriwijaya Ranau Gran Fondo. Semoga tetap jaya dan adakan terus acara seperti ini,” ucap Yoga.

Hal senada juga diungkapkan Agus salah satu pembalap dari Bengkulu yang menilai lintasan  SRGF luar biasa bagus.  “Danau Ranau  Infrastruktur yang luar biasa. Apresia pesertanya yang ramai,” ucapnya Agus.

Memeriahkan SRGF 2023 kali ini  digelar  pangung hiburan menampilkan sejumlah artis ibu kota Bella KDI, dan Tri Suaka yang berhasil menyedot ribuan penonton dalam dan luar Kabupaten OKUS.

Turut mendampingi Herman Deru, Bupati OKU Timur Lanosin Hamzah, Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya, Wabup OKU Selatan, Sholehien Abuasir, Ketua Kormi Sumsel Hj Samantha Tivani, Forkopimda dan Kepala OPD dilingkungan Pemprov Sumsel. (edi)

Editor : Ferly

Check Also

Jaksa penunjukkan foto Alnaura yang dinyatakan buron kasus investasi bodong. Foto: Dok Kejaksaan Tinggi Sumsel.

Interpol Keluarkan Red Notice Selebgram Palembang Alnaura

SUMSELHEADLINE.COM, PALEMBANG — Pihak Interpol dikabarkan telah menerbitkan Red Notice  terhadap selebgram Palembang sekaligus DPO kasus …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *