Ajakan Pemkab Muba untuk cegah DBD

70 Ribu Lebih Warga Palembang Menganggur

SUMSELHEADLINE.COM, PALEMBANG — Angka Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Kota Palembang berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) terakhir di 2022 sebanyak 70 ribuan.

Tingginya angka pengangguran ini menjadi tanggungjawab Pemerintah Kota Palembang untuk mencari solusi dengan penyediaan pangan kerja.

Kepala dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Palembang, Rediyan Deddy mengatakan, Pemkot Palembang melalui pihaknya ditarget setiap tahun untuk menurunkan angka tersebut.

Berdasarkan angka BPS di 2021, TPT di Kota Palembang ada sebanyak 84 ribu lebih. Kemudian di 2022 mengalami penurunan ke angka 70 ribuan.

Tulisan lainnya :   Terkait Uji Tera Disperindag Palembang Digeledah Penyidik Kejaksaan

“Alhamdulillah menurun, mudah-mudahan di 2023 angka ini akan turun lagi,” katanya.

Angka TPT ini memang akan terus bertambah karena antara kebutuhan dari lapangan pekerjaan dan suplai (tamatan sekolah dan sarjana ini tidak berimbang,” katanya.

“Setiap tahunnya ada tamatan sekolah baik SMK, atau sarjana baru dan lainnya. Sementara ketersediaan lapangan kerja belum mampu menyerap semuanya,” katanya.

Dari laporan kawan-kawan dari bursa kerja khusus yang membina tamatan SMK setidaknya ada 13 ribu, belum lagi dari D3, S1 dan sekolah-sekolah tinggi, seperti kebidanan, keperawatan, dan lainnya.

Tulisan lainnya :   Diskotik Kenzo yang Disegel Pemkot Ternyata Masih Beroperasi

“Kami masih berupaya untuk mengurangi angka pengangguran ini, seperti job fair, pelatihan kemudian juga lewat program pemagangan seperti ke Jepang, ke Jerman,” katanya.

Dikatakan juga, khusus untuk yang bekerja ke luar negeri, seperti ke Jepang yang pasar tenaga kerjanya tidak terbatas.

“Dikarenakan resesi seks di Jepang (tidak mau punya anak) yang membuat banyak sekolah bahkan tutup sementara industri dan ekonomi harus jalan, makanya mereka butuh banyak tenaga kerja,” katanya. (Nda)

Editor : Edi

Check Also

PJ Walikota Ucok Abdulrauf Damenta di dampingi Sekda Ratu Dewa secara resmi melaunching program "Gotong Royong Jumat Bersih" di Halaman Rumah Dinas Walikota, Jumat (21/6/2024). Foto: Kominfo Palembang.

Jumat Bersih, Pegawai Pemkot Lestarikan Gotong Royong

SUMSELHEADLINE.COM, PALEMBANG — Upaya jaga kebersihan dan keindahan Kota Palembang, Penjabat Walikota Palembang, Ucok Abdulrauf …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *