Ajakan Pemkab Muba untuk cegah DBD
Parea jemaah haji kloter empat yang tiba di Asrama Haji Palembang, Selasa (30/5/2023). Foto : Sumselheadline/Pitria.
Parea jemaah haji kloter empat yang tiba di Asrama Haji Palembang, Selasa (30/5/2023). Foto : Sumselheadline/Pitria.

Sudah Lima JCH Sumsel Batal Berangkat

SUMSELHEADLINE.COM, PALEMBANG — Total sudah ada 1.419 Jamaah Calon Haji (JCH) dalam empat kloter dari Embarkasi Palembang diberangkatkan ke tanah suci Mekkah.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Palembang, Emmilya Rossa mengatakan, dari jumlah jemaah itu, total sudah ada lima JCH yang ditunda keberangkatannya. Lima JCH yang ditunda keberangkatannya, karena sakit. Kemudian satu jemaah meninggal dunia.

“Satu JCH dari kloter dua, tiga JCH dari kloter tiga dan satu JCH dari kloter empat,” katanya saat ditemui di Asrama Haji Palembang, Selasa (30/5/2023). Menurutnya, JCH yang ditunda ini rata-rata sakit seperti anemia, penyakit komplikasi dan lain-lain.

Tulisan lainnya :   Rumah Adat dan Kuliner Khas Musi Banyuasin Hiasi Festival Anjungan

“Satu jamaah asal OKU Timur sakit Anemia dan Demensia (pikun) akut, bernama Sumiatun, berusia 92 tahun,” katanya. Sumiatun dirujuk ke RS Ernaldi Bahar, dan sesuai rekomendasi dokter yang merawat, pasien dilarang berangkat haji karena Demensia. “Jika pun kondisinya telah membaik harus ada pendamping selama ibadah haji,” katanya.

Emmilya mengatakan, JCH sekitar 60 persen merupakan lansia, dan 83 persen berstatus resiko tinggi dengan beberapa penyakit bawaan seperti hipertensi juga diabetes.

“Karena disana cuacanya 48 derajat celcius, maka jamaah lansia disarankan untuk mengurangi aktivitas fisik, utamakan ibadah wajib saja,” katanya. (Nda)

Tulisan lainnya :   Memprihatinkan, Kasus Narkoba Tertinggi di Sumsel

Editor : Edi

Check Also

Pj Gubernur Sumsel, Agus Fatoni bersama sejumlah pejabat saat hadir di parpurna HUT Kota Palembang, Minggu (16/6/2024). Foto: Humas Pemprov Sumsel.

Pemprov Sumsel Komitmen Bantu Dana Pembangunan Kabupaten-Kota

SUMSELHEADLINE.COM, PALEMBANG — Penjabat Gubernur Sumatera Selatan, Agus Fatoni mengatakan berkomitmen mendorong percepatan pembangunan di 17 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *