Ajakan Pemkab Muba untuk cegah DBD
Walikota Palembang, Harnojoyo. Foto : Dok Sumselheadline.
Walikota Palembang, Harnojoyo. Foto : Dok Sumselheadline.

Ekonomi Membaik, Target Pendapatan PBB-BPHTB Palembang Naik

SUMSELHEADLINE.COM, PALEMBANG — Proyeksi Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari 11 jenis pajak daerah Kota Palembang 2023 ini didominasi oleh Pajak Bumi dan Bangun (PBB) dan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB).

Dimana PBB dan BPHTB memiliki proyeksi target yang paling tinggi di antara pajak-pajak lainnya yang harus dihimpun Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Palembang tahun ini.

Walikota Palembang Harnojoyo mengatakan, tahun ini target PAD lebih besar melihat kondisi ekonomi yang membaik. “Target Rp 1,23 triliun harus optimis tercapai seperti tahun lalu yang lebih dari 100 persen,” katanya.

Di antara 11 pajak daerah yang harus dihimpun, PBB ditarget Rp 304 miliar dan BPHTB ditarget Rp 314 miliar. “Kita berharap Bapenda punya strategi dan memanfaatkan potensi-potensi pajak agar target PAD tercapai,” katanya.

Tulisan lainnya :   Polisi Akan Hunting Operasi Patuh Musi 2023

Kepala Bapenda Kota Palembang Herly Kurniawan mengatakan, pihaknya akan memanfaatkan potensi pajak salah satunya upaya penertiban reklame.

“Pajak reklame salah satu yang akan kita optimalkan dengan melakukan penertiban, kemarin itu sudah kita koordinasikan,” katanya.

Rata-rata 11 pajak daerah pada tahun 2023 ini naik cukup signifikan mengingat total target yang ingin dicapai pun tinggi. “Mulai dari pajak hotel, hiburan, PBB hingga BPHTB,” katanya.

Target pajak hotel tahun ini sebesar Rp75 miliar naik Rp15 miliar dari tahun sebelumnya yang sebesar Rp60 miliar. Untuk pajak restoran Rp195 miliar naik dari tahun lalu yang Rp180 miliar, pajak hiburan Rp37,5 miliar naik dari sebelumnya yang Rp28,750 miliar.

Tulisan lainnya :   Dikejar Target IPAL Beroperasional, Walikota Palembang Janji Anggarkan Dana SR

Selanjutnya pajak reklame Rp32 miliar naik tipis dari sebelumnya Rp30 miliar, pajak penerangan jalan dihasilkan sendiri (Non) PLN masih kosong sedangkan tahun sebelumnya Rp6,950 miliar.

Pajak penerangan jalan sumber lain Rp250 miliar (2023) naik dari (2023) yang sebesar Rp235,5 miliar. Pajak parkir Rp30 miliar naik dari sebelumnya Rp24,5 miliar, pajak air tanah Rp57 juta tetap sama seperti tahun lalu.

Begitupun dengan pajak sarang burung walet yang masih tetap di Rp180 juta, pajak mineral bukan Logam dan batuan juga tidak naik di Rp2 miliar.

“Target pajak PBB kita tahun ini sebesar Rp304 miliar naik dari tahun lalu yang sebesar Rp264 miliar, dan juga BPHTB yang Rp314 miliar dari sebelumnya Rp248,4 miliar,” katanya. (Nda)

Editor : Edi

Check Also

PJ Walikota Ucok Abdulrauf Damenta di dampingi Sekda Ratu Dewa secara resmi melaunching program "Gotong Royong Jumat Bersih" di Halaman Rumah Dinas Walikota, Jumat (21/6/2024). Foto: Kominfo Palembang.

Jumat Bersih, Pegawai Pemkot Lestarikan Gotong Royong

SUMSELHEADLINE.COM, PALEMBANG — Upaya jaga kebersihan dan keindahan Kota Palembang, Penjabat Walikota Palembang, Ucok Abdulrauf …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *