Ajakan Pemkab Muba untuk cegah DBD

Transformasi Digital Sektor Pendidikan, UNUHA Gelar Pengabdian Masyarakat

SUMSELHEADLINE.COM, MARTAPURA — Universitas Nurul Huda (UNUHA) menggelar pengabdian masyarakat (Pengmas) di SMP Muhammadiyah 2 Karang Tengah, Kecamatan  Buay Madang Timur, Kabupaten OKU Timur. Pengmas bertajuk “Pendampingan Pembuatan Video Animasi 2D (dua dimensi) Sebagai Upaya Melestarikan Manuskrip Nusantara pada siswa SMP Muhammadiyah 2 Karang Tengah.

Kegiatan ini bertujuan membantu mengoptimalkan pemanfaatan proses pembuatan video animasi 2D pada mata pelajaran Bahasa Inggris, sebagai upaya meningkatkan budaya literasi manuskrip nusantara. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat diketuai oleh Hastuti Retno Kuspiyah, MPd  dan didampingi Khusnatul Amaliah, MKom,  Widayanti, MPd, dan para mahasiswa Universitas Nurul Huda.

Melalui rilisnya, Jumat (23/9/2022), Hastuti Retno Kuspiyah menjelaskan, kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan tim dosen dan mahasiswa merupakan upaya dosen dalam mewujudkan Tri Dharma Perguruan Pinggi dengan menyesuaikan SNDikti.

Dijelaskan Hastuti , Universitas Nurul Huda (Unuha) adalah salah satu Perguruan Tinggi Swasta Sumatera Selatan yang berlokasi di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur. Dasar melaksanakan pengabdian masyrakat ini, yakni Permendikbud No. 03 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Perguruan Tinggi yang memuat Standar Pengabdian kepada masyarakat yang berlaku di seluruh negara Republik Indonesia.

Tulisan lainnya :   Bila Lakukan Ini, ASN Lubuklinggau Siap-siap Disanksi

Maka dengan itu, Kemendikbud Ristek bersama DRTPM (Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat) membuka peluang untuk seluruh dosen mengikuti hibah kompetitif nasional untuk tahun anggaran 2022. Hibah kompetitif yang dimaksud adalah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Pelaksanaan program ini merupakan upaya dosen dalam mewujudkan tri dharma perguruan tinggi dengan menyesuaikan SNDikti. Sebagai ajang kompetisi nasional bergengsi untuk seluruh dosen pada perguruan tinggi, Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS) selalu menjadi incaran dosen untuk bisa lolos.

Hal ini pun dilakukan oleh salah satu tim dari UNUHA yang mengirimkan proposal PKMS melalui aplikasi Basis Informasi Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (BIMA) pada link https://bima.kemdikbud.go.id. Tim yang diketuai oleh Hastuti Retno Kuspiyah, M.Pd. yang memiliki latar belakang Pendidikan Magister Pendidikan Bahasa Inggris, dengan beranggotakan dua orang dosen dan tiga orang mahasiswa. Dua orang dosen tersebut berlatar belakang pendidikan Magister Komputer (Khusnatul Amaliah, M.Kom.) dan Magister Pendidikan Fisika (Widayanti, M.Pd.).

“Alhamdulillah, berdasarkan pengumuman tim kami ini lolos untuk pendanaan tahun 2022 dengan judul “Pendampingan Pembuatan Video Animasi 2D sebagai Upaya Melestarikan Manuskrip Nusantara pada siswa SMP Muhammadiyah 2 Karang Tengah,” katanya.

Tulisan lainnya :   Menggunakan Sepeda, Wakapolri dan Irwasum Keliling Palembang

Kegiatan PKMS ini berupa pendampingan pembuatan video animasi 2D, sebagai upaya melestarikan manuskrip nusantara yang bertujuan untuk membantu mengoptimalkan pemanfaatan proses pembuatan video animasi 2D pada mata pelajaran Bahasa Inggris sebagai upaya meningkatkan budaya literasi manuskrip nusantara.

Waktu pelaksanaan dilakukan setiap hari Sabtu dan Minggu sebanyak 8 kali tatap muka, diluar Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan tiga metode, yaitu 1) edukasi dengan praktik dan pelatihan, 2) diskusi dan ceramah, dan 3) Pendampingan pembuatan video animasi 2D.

Tim pelaksana kegiatan juga menyepakati bersama dalam proses pembuatan video animasi 2D menggunakan perangkat lunak Kinemaster. Aplikasi ini dapat menjadi salah satu media pembelajaran yang dapat menarik siswa untuk lebih aktif memanfaatkan indera yang dimiliki oleh siswa dalam penekanan pada proses pembuatannya.

Materi pokok nya adalah Narrative text pada mata pelajaran Bahasa Inggris dengan judul teks “The Legend of Kemaro Island”. Pendampingan dilaksanakan kepada siswa kelas IX di SMP Muhammadiyah 2 Karang Tengah, berjumlah 20 siswa. (Sut)

Check Also

Pj Gubernur Sumsel, Agus Fatoni meninjau flyover Sekip Ujung Palembang yang segera digunakan pengendara, Kamis (6/6/2024). Foto: Humas Pemprov Sumsel.

Flyover Sekip Ujung Mulai Dibuka

SUMSELHEADLINE.COM, PALEMBANG — Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan, Agus Fatoni mengumumkan bahwa Flyover Sekip Ujung …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *