Ajakan Pemkab Muba untuk cegah DBD

Sumsel Terima Jatah KUR Rp 8 Triliun

SUMSELHEADLINE.COM – Guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan dalam upaya   pulihkan ekonomi, Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, serta BUMN berkolaborasi untuk mrnyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Sumsel.

Penyaluran KUR tersebut diserahkan secara simbolis oleh Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian RI, Airlangga Hartarto dan disaksikan langsung oleh Gubernur Sumsel, H Herman Deru di Hotel Arista Palembang, Jumat (4/3).

Penyaluran KUR  untuk wilayah Sumsel pada tahun 2020 dan 2021 terealisasi Rp 10.69 triliun dan dinikmati 227.832 debitur. Sedangkan  pada tahun 2022 ini Sumsel menerima kuota sebesar Rp  8 triliun, dengan bunga rendah yang siap untuk membantu para pelaku usaha.

Gubernur Herman Deru dikesempatan itu mengatakan, Pemprov Sumsel bersama BI dan OJK sudah melakukan kegiatan literasi Perbankan bagi pelaku UMKM di Sumsel. Hal tersebut diberikan untuk memberikan pemahaman kepada para pelaku usaha mengetahui kegiatan perbankan.

“Dalam mendorong UMKM berperan dalam peningkatan ekonomi, kami juga sudah melakukan pemahaman tentang literasi perbankan untuk para UMKM jadi nantinya tingkat literasi masyarakat di Sumsel sudah diatas rata-rata,” kata Herman Deru

Tulisan lainnya :   Antisipasi Dampak Elnino, Gubernur Sumsel Rakor dengan Menko Marves

Menurutnya, gagasan yang dilakukan oleh Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto di tengah pandemi Covid-19 sangat banyak memberikan manfaat bagi masyarakat khususnya pelaku usaha.

“Banyak terobosan yang dilakukan pak Menko di tengah pandemi dan disambut baik bagi para pelaku usaha.  Pemda akan menjalankan, memonitoring, serta memantau realisasniya,” tegas Herman Deru.

Dia menuturkan, sebagai gubernur dirinya  menjamin masyarakat Sumsel agar tetap patuh mengelola dana KUR dan dia berharap tahun depan Sumsel akan mendapatkan kuota lebih.

“Terimakasih atas bantuannya dari Pak Menko. Saya akan menjamin para penerima dana KUR di Sumsel akan memanfaatkan dananya dengan baik, dan kita harapkan tahun depan Sumsel a akan mendapatkan kuota lebih,” pungkasnya.

Sementara itu Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto menjelaskan bahwasanya penyerahan KUR secara berkelompok di Palembang dan dapat digunakan seluruh UMKM dari berbagai sektor dengan bunga 3 persen sampai dengan akhir tahun.

Tulisan lainnya :   Periksa Kepala Rutan Pakjo, Kemenkumham Tegaskan Pengunjung tak Boleh Bawa Hp

“KUR ini nantinya bisa digunakan bebas untuk sebuah sektor UMKM, dan pemerintah memberikan bunga 6 persen setahun tetapi pemerintah memberikan subsidi 3 persen sampai akhir tahun nanti,” kata Airlangga.

Dia juga meyakini KUR ini bisa sangat membantu para pelaku UMKM untuk memajukan usahanya.

“KUR ini saya yakini bisa menggerakan UMKM dan usaha dalam bentu klaster besar,” pungkasnya.

Turut hadir pula dalam acara tersebut, Menteri Perindustrian RI, Agus Gumiwang Kartasasmita, Wakil Menteru Perdagangan Jerry Sambuaga, Deputi Bid. Koordunasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kemenko Perekonomian, Iskandar Simorangkir, Deputi Bid. Koordinasi Pangan dan Agribisnis Kemenko Perekonomian, Musdalifa Mahmud, Ketua Komisi XI DPR RI Fraksi Golkar, Dito Ganindito, Anggota DPR RI, Ace Hasan Sazili, Ketua DPRD Prov. Sumsel, Anita Noeringhati.

Check Also

Pj Gubernur Sumsel, Agus Fatoni saat mempromosikan kopi produksi Kota Pagaralam, Jumat (21/6/2024). Foto: Humas Pemprov Sumsel.

Sumsel Harus Jadi Pemain Utama Produksi Kopi

SUMSELHEADLINE.COM, PALEMBANG — Potensi produk kopi Sumatera Selatan mencapai 26,7 persen dari total produksi kopi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *