Ajakan Pemkab Muba untuk cegah DBD
Para jemaah risiko tinggi kloter 2 Sumsel yang masuk ke Asrama Haji Palembang, Minggu (12//5/2024) pagi. Foto: Sumselheadline/Fer.
Para jemaah risiko tinggi kloter 2 Sumsel yang masuk ke Asrama Haji Palembang, Minggu (12//5/2024) pagi. Foto: Sumselheadline/Fer.

Tiba di Asrama Haji Palembang, 90 Persen CJH Kloter 2 Risti

SUMSELHEADLINE.COM, PALEMBANG — Sebanyak 449 calon jemaah haji (CJH) kelompok terbang (Kloter) 2 asal Lubuklinggau, Muratara dan Kota Palembang tiba di Asrama Haji Palembang, Minggu (12/05/2024) pagi. Sebanyak 407 jemaah atau 90,6 persen masuk kategori resiko tinggi (Risti).

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Sumsel, Armet Dachil saat dimintai keterangan mengatakan, berdasarkan data yang diperoleh dari hasil pemeriksaan tim kesehatan embarkasi, 90,6 persen jemaah kloter 2 masuk kategori Risti. Rinciannya, Risti karena usia tiga orang, Risti karena penyakit 213 jemaah, dan Risti karena penyakit dan usia sebanyak 191 orang.

“Hal ini tentu menjadi perhatian kita bersama. Kita akan berusaha agar semua jemaah dalam kondisi siap berangkat ke Tanah Suci,” jelas Armet.

Tulisan lainnya :   Harga Naik, Warga Lebih Pilih Beras Murah Bulog

Menurut Armet, tahun ini Kementerian Agama masih mengusung tagline Haji Ramah Lansia. Ada sekitar 45.678 jemaah dengan usia 65 tahun ke atas (21,41%). “Pemerintah berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik bagi seluruh jemaah.

Selama mengikuti bimbingan teknis, para petugas dilatih dan diingatkan agar lebih ramah dan peduli kepada jemaah, khususnya lansia. Seluruh jemaah haji juga diajak untuk bersama memberikan kepedulian kepada para lansia yang ada dalam rombongannya,” jelasnya.

Dikatakan Armet, Kemenag juga menginisiasi sejumlah Program Ramah Lansia sejak dalam negeri, misalnya bimbingan manasik dengan mengedepankan rukhshah (keringanan), pengkloteran dengan memprioritaskan lansia menempati kursi bisnis, seremoni yang singkat (maksimal 30 mnt dan dua sambutan), serta layanan prioritas di asrama haji dalam bentuk makan dengan menu khusus dan penempatan kamar di lantai bawah.

Tulisan lainnya :   Warga Diimbau Manfaatkan TPU Gandus, Alternatif Kebun Bunga Penuh

“Jemaah haji kategori lansia dan risti ditempatkan pada gedung dan kamar yang berdekatan dengan poliklinik, sehingga jemaah dapat ditangani dengan segera apabila membutuhkan penanganan kesehatan,” terangnya.

Hal senada disampaikan Kepala Balai Kekarantinaan Kesehatan Palembang Emmilya Rosa. Dia bertekad memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal. Poliklinik melayani jemaah 24 jam untuk menjaga kesehatan dan memastikan jemaah laik terbang. “Kita 24 Jam standby poliklinik berjaga, untuk memastikan jemaah haji laik terbang,” ujar Emmilya. (fer)

Editor: Edi

Check Also

Dua mobil yang mengangkut 37 ribu bayi lobtster. Foto: Dok Polisi.

Amankan 37.804 Baby Lobster Diselundupkan Melalui Palembang

SUMSELHEADLINE.COM, PALEMBANG — Anggota Unit 4 Subdit IV Tipidter Ditreskrimsus Polda Sumsel mengamankan 2 unit mobil …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *