Ajakan Pemkab Muba untuk cegah DBD
Warga Baturaja yang berjaga di seputar rumahnya yang terendam, Selasa (7/5/2024) malam. Foto: screenshot medsos.
Warga Baturaja yang berjaga di seputar rumahnya yang terendam, Selasa (7/5/2024) malam. Foto: screenshot medsos.

Banjir Terjang Baturaja, 1.695 Rumah Terdampak

SUMSELHEADLINE.COM, BATURAJA — Banjir bandang menerjang Kota Baturaja dan sekitarnya, Kabupaten OKU, sejak Senin, Selasa hingga Rabu (6,7-8/5/2024). Puncaknya pada Selasa malam hingga sore, yang menyebkan sejumlah rumah warga terendam.

Daerah yang terdampak banjir akibat meluapnya Sungau Ogan itu viral di media sosial, dan mengakibatkan sejumlah kawasan terendam, antara lain seperti yang dilaporkan pihak BPBD setempat, yakni di Kecamatan Baturaja Barat (Kelurahan Tanjung Agung, Kelurahan Talang Jawa, Kelurahan Air Gading, Desa Tanjung Karang, Kelurahan Batu Kuning, Desa Laya, Desa Karang Endah, Desa Batu Putih, Desa Pusar, Kelurahan Saung Naga).
Lalu di Kecamatan Baturaja Timur (Kelurahan Sekarjaya, Kelurahan Baturaja Permai, Kelurahan Baturaja Lama, Kelurahan Kemala Raja, Kelurahan Sukaraya, Desa Air Paoh).

Tulisan lainnya :   UU Cipta Kerja Lukai Hati Rakyat, Mahasiswa Palembang Gelar Aksi

Banjir ini menurut warga, karena hujan dengan intensitas sedang sampai dengan lebat di beberapa wilayah di Kabupaten OKU, dengan durasi waktu yang cukup lama.

Hujan mulai Senin, 6 Mei 2024 pukul 19.30 Wib sampai Selasa 7 Mei 2024 pukul 04.00, yang menyebabkan debit air Sungai Ogan mengalami kenaikan yang cukup signifikan dari hulu sungai dan beberapa anak sungai lainnya. Sehingga menyebabkan terjadinya banjir di dua wilayah kecamatan tersebut.

Setidaknya ada 1.695 rumah warga terdampak dan 257 kepala keluarga mengungsi ke rumah keluarga atau kerabat dekat. Sejumlah pihak terkait telah memberikan bantuan, baik perahu karet hingga selimut dan kebutuhan makanan bagi warga. (nda)

Tulisan lainnya :   Kejati Sumsel Usut Mega Korupsi Pertambangan Ilegal Batubara

Editor: Edi

Check Also

Pj Walikota Palembang, A Damenta meninjau anak sungai di 11 Ulu, Jumat (12/7/2024). Foto: Kominfo Palembang.

Tinjau Pemberssihan Sungai, Walikota Imbau Warga Peduli Lingkungan

SUMSELHEADLINE.COM, PALEMBANG — Pj Walikota Palembang, Dr A Damenta, Mag.rer.publ, CGCAE kembali meninjau pelaksanaan gotong …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *