Ajakan Pemkab Muba untuk cegah DBD
Seorang polantas yang tetap sigap mengatur kendaraan terjebak macet, Sabtu (6/4/2024) malam. Foto: Sumselheadline/Fer.
Seorang polantas yang tetap sigap mengatur kendaraan terjebak macet, Sabtu (6/4/2024) malam. Foto: Sumselheadline/Fer.

Urai Kemacetan, Kendaraan Bertonase Besar Dilarang Melintas

SUMSELHEADLINE.COM, PALEMBANG –– Petugas kepolisian Polda Sumsel dan Polres Banyuasin harus bekerja ekstra keras mengatur lalulintas di Palembang-Betung, Sabtu (6/4/2024) malam. Satu per satu truk disetop petugas kepolisian dan langsung dipinggirkan untuk tidak berjalan.

Direktur Lalulintas Polda Sumsel Kombes Pol M Pratama Adhayasastra menyampaikan akan melakukan buka tutup jalan secara bergantian, agar tidak menimbulkan kemacetan yang lebih parah.

“Kami juga melakukan koordinasi dengan Polda Jambi dan Lampung untuk mengatasi kemacetan yang lebih parah di sekitaran Jalan Lintas Timur Palembang-Jambi. Kami juga telah berkoordinasi dengan Polda Jambi dan Lampung melakukan pembatasan terhadap kendaraan besar untuk tidak melintas,” ujar Pratama dalam keterangan persnya, Minggu (7/4/2024).

Tulisan lainnya :   Usulkan Buka Kembali Penerbangan Langsung Palembang-Jeddah

Sementara Kapolda Sumsel Irjen Pol A Rachmad Wibowo, SIK, menjelaskan penyebab kemacetan di ruas Jalintim Palembang-Betung-Jambi. Menurut Kapolda, penyebab kemacetan karena ada kendaraan berat tidak kuat menanjak di tanjakan Durian Daun, baik dari arah Jambi maupun dari arah Palembang. Selain itu, ada kepadatan di depan SPBU Betung.

Dia mengatakan, sebagian pemilik kendaraan truk yang sudah menerima surat edaran (SE) Nomor: 550/0939/Dishub/2024, tanggal 20 Maret 2024, tentang Pengaturan Lalulintas Jalan serta Penyeberangan Selama Masa Arus Mudik dan Arus Balik Angkutan Lebaran Tahun 2024 M/1445 H berburu mengejar pengiriman logistik sebelum masuk 5 April.

Tulisan lainnya :   Hargai Mahal, Pj Walikota Palembang Gerakkan Lomba Menanam Cabe di 107 Kelurahan

“Sehingga pada 4 April 2024 terjadi kemacetan yang cukup panjang sampai pukul 04.00 pagi. Sementara pada 5 April 2024 sampai pukul 20.00 WIB, terjadi kepadatan lagi yang ternyata setelah dipantau masih banyak truk yang melintas di daerah tersebut,” sesalnya.

Untuk mengantisipasi kemacetan akan dilakukan pemberlakuan jalan satu arah dari Palembang-Jambi. Kendaraan dari Jambi, agar bersabar tidak mengambil jalur kanan, dan menepi di pinggir jalan sesuai arahan petugas.

“Pemberlakuan satu arah akan dilakukan mulai dari Sabtu, 6 April 2024 dan akan dievaluasi sesuai perkembangan situasi,” katanya. (Fer)

Editor: Edi

Check Also

Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Elen Setiadi, S.H, M. S.E, menerima audiensi Founder Tritrade Indonesia Sangga Buana, dalam arangka festival viral foot, Rabu (24/7/2024). Foto: Humas Pemprov Sumsel.

Segera Digelar Festival Viral Food 2024

SUMSELHEADLINE.COM, PALEMBANG — Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan, Elen Setiadi, SH, MSE menerima audiensi Founder …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *