Ajakan Pemkab Muba untuk cegah DBD
Pj Bupati MUba, Apriyadi. Foto: Dinkominfo Muba.
Pj Bupati MUba, Apriyadi. Foto: Dinkominfo Muba.

Kemiskinan Ekstrem di Muba Turun Drastis, Tinggal 0,9 Persen

SUMSELHEADLINE.COM, PALEMBANG — Pj Bupati Apriyadi Mahmud berhasil menurunkan angka kemiskinan ekstrem di Musi Banyuasin. Tak tanggung-tanggung, mantan Kadinsos Pemprov Sumsel itu berhasil menurunkan kemiskinan ekstrem hingga menyentuh angka 0,9 persen yang sebelumnya kemiskinan ekstrem di Muba pada tahun 2022 mencapai 4,7 persen.

Hal ini terungkap saat Pj Bupati Apriyadi Mahmud menerima Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumatera Selatan di Kantor Perwakilan Musi Banyuasin di Palembang, Rabu (21/2/2024).

“Kemiskinan ekstrem Muba di tahun 2023 turun drastis dari sebelumnya tahun 2022 4,7 persen di tahun 2023 turun menjadi 0,9 persen,” ungkap Kepala BPS Provinsi Sumsel Moh Wahyu Yulianto SSi SST.

Lanjutnya, penurunan angka kemiskinan ekstrem di Muba turun tersebut dampak dari masifnya penanganan inflasi yang sangat baik dilakukan Pemkab Muba. “Tentu pengendalian dan penanganan inflasi yang stabil memberikan dampak yang baik,” ulasnya.

Tulisan lainnya :   Kekeringan di Sumsel Makin Meluas, OKI Paling Jarang Hujan

Ia mengapresiasi inovasi dan program terobosan yang dilakukan Pj Bupati Apriyadi Mahmud sejak hampir dua tahun belakangan. “Misalnya saja Program Desa Cantik, dimana Muba dua tahun berturut-turut meraih juara di level nasional, kami sangat bangga,” ungkap dia.

Sementara itu, Pj Bupati Apriyadi Mahmud mengaku dengan turunnya angka kemiskinan ekstrem di Muba tersebut merupakan kerja keras semua pihak terutama OPD di lingkungan Pemkab Muba.

“Saya sangat bangga punya rekan-rekan OPD yang sangat bekerja dengan keras berupaya mengentaskan kemiskinan di Muba. Dan hasilnya, di tahun 2023 kemiskinan ekstrem di Muba turun drastis dari 4,7 persen menjadi 0,9 persen,” ucapnya.

Kandidat Doktor Universitas Sriwijaya ini merinci, salah satu realisasi konkrit untuk menurunkan angka kemiskinan ekstrem yakni program Bantu Umak yang konsen memberikan bantuan uang kepada masyarakat kategori miskin ekstrem.

Tulisan lainnya :   Berhenti Main Musik karena Sakit, Mang Yanto Didatangi Pj Bupati

“Tahun 2024 ini yang 0,9 persen akan kita tuntaskan, dan Pemkab Muba selalu ingin bekerjasama Badan Pusat Statistik (BPS) Muba yang tentunya dalam upaya pengentasan kemiskinan di Muba,” tegasnya.

Lanjutnya, persoalan kemiskinan di Muba di tahun 2024 tetap menjadi konsen Pemkab Muba. “Kita akan sisir dari sektor lain dalam upaya pengentasan kemiskinan di Muba. Baik dari pangan hingga sektor lainnya yang tentunya bisa meminimalisir kemiskinan di Muba,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut juga turut dihadiri Kepala BPS Muba Trio Wira Dharma SST MM. Kemudian turut mendampingi Pj Bupati Apriyadi Mahmud Plt Kepala Bappeda Muba Sunaryo SSTP MM, Kepala Badan Ketahanan Pangan Ali Badri ST MT, Plh Kadsihub Agus Kurniawan SSTP, Kabid Komunikasi Publik Kominfo Kartiko Buwono SE MM, dan Plt Kabag Prokopim Agung Perdana SSTP MSi. (gih)

Editor: Ferly

Check Also

Nenek Rogaya sengaja mendatangi Sekda Muba, Apriyadi untuk berterima kasih, Jumat (12/7/2024). Foto: Kominfo Muba.

Pulang Haji Rogaya Temui Apriyadi

SUMSELHEADLINE.COM, SEKAYU — Rogaya (71), nenek dari Kampung V Kecamatan Sekayu, Jumat (12/7/2024) pagi menemui …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *