Ajakan Pemkab Muba untuk cegah DBD
Para pedagang kapal telok abang yang berbaris di kawasan BKB dan Jalan Merdeka, Palembang, Rabu (116/8/2023). Foto : Sumselheadline/Pitria.
Para pedagang kapal telok abang yang berbaris di kawasan BKB dan Jalan Merdeka, Palembang, Rabu (116/8/2023). Foto : Sumselheadline/Pitria.

Kapal Telok Abang Identik dengan HUT RI di Palembang

SUMSELHEADLINE.COM, PALEMBANG — Merayakan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di Kota Palembang, akan ditemukan tradisi unik bernama Kapal Telok Abang. Tradisi turun-temurun ini hanya bisa ditemukan di Kota Palembang menjelang dan saat hari Kemerdekaan RI, 17 Agustus.

Mainan kapal-kapalan dengan disematkannya Telok Abang (Telur Merah) di atas kapal, sudah ada sejak dahulu memberikan warna tersendiri pada peringatan kemerdekaan negeri ini.

Kapal Telok Abang merupakan bentuk kerajinan berbahan baku akar kayu gabus, yang dibuat oleh masyarakat asli Palembang.

Kawasan yang terkenal menjual Telok Abang ini ada di Jalan Merdeka atau dekat dengan Kantor Walikota Palembang, karena para pengrajin juga tinggal di Kelurahan 26 Ilir, dekat dengan Jalan Merdeka.

Tulisan lainnya :   Petugas Sisir Daerah Rawan Kejahatan

Salah seorang penjual Kapal Telok Abang, Kiagus M Rasyid mengatakan, Telok Abang sudah ada sejak puluhan tahun lalu dan secara turun-temurun keluarganya pun merupakan pengrajin dan penjual Telok Abang.

“Sudah ada sejak Palembang sebelum semaju ini. Ya memang merupakan ciri khas, sejak dulu pun dijual saat peringatan 17-an saja,” katanya.

Rasyid meneruskan usaha orangtuanya untuk membuat sendiri dan menjual Kapal Telok Abang. Selain dirinya, banyak yang lainnya juga sebagai pengrajin di Lr Ali Basyir, Jalan Cek Abdul Somad juga kawasan Mereka.

Tulisan lainnya :   Aroni Tenggelam di Dermaga, Tim Basarnas Lakukan Pencarian

Mereka menjual Kapal Telok Abang berkisar Rp30 ribu – Rp50 ribu. Selain itu juga ada Telok Pindang dan Telok Ukan masing-masing Rp5.000.

Pedagang lainnya, Tia mengatakan, Kapal Telok Abang mulai dijual sejak awal Agustus yang lalu dan setidaknya sampai seminggu ke depan usai 17-an.

“Sekarang perhari laku 20-25 buah Kapal Telok Abang, pembelinya tidak hanya orang Palembang, tapi dari daerah lain yang kebetulan lewat,” katanya. (Nda)

Editor : Edi

Check Also

Warga yang memebli beras Bulog. Foto: Dok Sumselheadline.

Harga Beras Meroket, Bulog Sumsel Sebut Distribusikan 2.773 Ton Beras SPHP

SUMSELHEADLINE.COM, PALEMBANG — Di tengah banyaknya keluhan masyarakat harga beras naik, Bulog Sumsel mengklaim telah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *