Ajakan Pemkab Muba untuk cegah DBD
Gubernur Sumsel, Herman Deru bersama Menteri Pertanian, Prof Syahrul Yasin Limpo. Foto : Humas Pemprov Sumsel
Gubernur Sumsel, Herman Deru bersama Menteri Pertanian, Prof Syahrul Yasin Limpo. Foto : Humas Pemprov Sumsel

Sumsel Diminta Jadi Booster Kepentingan Nasional dari Dampak Elnino

SUMSELHEADLINE.COM, PALEMBANG — Guberjur Sumsel, H Herman Deru bersama Menteri Pertanian RI, Prof Syahrul Yasin Limpo beserta Forkompimda Sumsel, menggelar Rapat Koordinasi Antisipasi Iklim Ekstrim El Nino di Griya Agung Palembang, Senin (17/7/2023).

Mengawali sambutannya Mentan RI mengapresiasi Gubernur Herman Deru yang dinilainya sangat perhatian sekali terhadap sektor pertanian.

“Pak Herman Deru sebagai gubernur sangat perform sangat hebat,” katanya. Dia mengatakan kehadirannya di Sumsel ini mengatasnamakan kepentingan negara, atas nama Presiden RI untuk meminta kepada Gubernur Sumsel dan stakeholder untuk memikirkan kepentingan bangsa.

Dimana lanjutnya, Presiden memberikan perhatian serius terhadap ancaman El Nino yang pasti juga akan berdampak pada Indonesia.

Tulisan lainnya :   Rinov/Mentari Dipastikan Maju ke Paris

Makanya dirinya meminta perhatian yang serius kepada semua stakeholder pertanian, terkhusus Kementerian Pertanian bersama para gubernur untuk mempersiapkan atau mengantisipasi dampak dari kekeringan yang kuat itu.

Lanjut Mentan, bahwa dalam rakor tadi bersama Gubernur Herman Deru sudah melakukan komitmen agar Sumsel menjadi booster kepentingan nasional dari berbagai prediksi dampak itu seperti apa.

Sementara itu Gubernur Herman Deru menambahkan bahwa kemarau tahun ini cukup panas berbeda dengan dua tahun belakangan, jadi khusus Sumsel di 10 kabupaten ada kewaspadaan khusus lagi karhutlah.

Tulisan lainnya :   Pemprov Pavorit Pelamar CPNS, OKU Selatan Sepi Peminat

“Dari tahun ketahun kita siaga karhutlah Alhamdulilah berkat pertolongan Allah SWT kita bisa menghindari dampak karhutla, hal ini dirasakan oleh para petani Buktinya ada penikatan produksi yang luar biasa setiap tahunnya. Bahkan tahun 2022 kita surplus beras 743.014 ton.

Untuk itu lanjut Herman Deru bahwa Sumsel tadi diingatkan oleh Mentan RI kalau hanya bicara untuk Sumsel itu sudah selesai, tapi saat ini bicara bagaimana untuk menjadi penyangga pangan nasional. (Fer)

Editor : Edi

Check Also

Herman Deru dan Cik Ujang. Foto: IG Cik Ujang Menyapa.

PKS Jatuhkan Pilihan ke Herman Deru-Cik Ujang

SUMSELHEADLINE.COM, PALEMBANG — Sejumlah partai yang mendapat kuris di DPRD Sumsel kini terus membidik calon …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *