Ajakan Pemkab Muba untuk cegah DBD

Memakmurkan Masjid tak Cukup Hanya Digunakan untuk Ibadah Wajib

SUMSELHEADLINE.COM, PALEMBANG — Masjid hendaknya jangan hanya digunakan untuk ibadah wajib saja, tapi bisa digunakan untuk aktivitas sosial keagamaan. Sehingga benar-benar dapat menjadi tempat kemaslahatan umat.

“Salah satu bentuk memuliakan masjid yaitu dari tahap pembangunannya. Karena masjid itu jangan hanya dimanfaatkan untuk ibadah wajib saja, tapi gunakan untuk aktifitas sosial keagamaan lainnya,” katanya Gubernur Sumatera Selatan, H Herman Deru sebelum menunaikan shalat Jumat berjemaah di Masjid Nursalimah, dalam rangka safari Jumat di sebuah masjid di Kota Prabumuliha, Jumat (19/5).

Dia mengakui, dari sekian banyak masjid yang telah ia datangi, rata-rata memang jamaahnya memuliakan masjid tersebut. Dalam setiap safari Jumat  itu, ia sengaja mendatangi masjid-masjid yang ada di sejumlah wilayah di Provinsi Sumsel, untuk melihat langsung kondisi masyarakat, mulai dari perekonomian hingga infrastruktur.

Tulisan lainnya :   Fatoni: MTQ Sumsel Rasa MTQ Nasional

“Sebab untuk membangun suatu provinsi itu dibutuhkan soliditas baik itu tokoh masyasrakat, tokoh agama, dan unsur elemen masyarakat lainnya. Dalam setiap kunjungan macam-macam  persoalan baik lingkungan, infrastruktur, dan hampir tidak ada keluhan terhadap infrastrktr,” tuturnya.

Herman Deru kembali mengingatkan pengurus masjid untuk tidak mengemis dengan membawa kotak sumbangan di jalan raya, karena selain melemahkan ruh Islam, juga sangat berbahaya bagi pengguna jalan.

“Saya selalu ingatkan setiap Safari Jumat bahwa sebagai gubernur saya akan melarang pembangunan masjid yang meminta sumbangan, meletakkan kaleng di jalan. Kami tahu bahwa agama kami adalah agama yang agung, jadi kami menjaga dan menghormati martabat kami,” tandasnya.

Tulisan lainnya :   Hindari Udara tak Sehat, Warga Muba Diimbau Gunakan Masker

Dalam kesempatan ini juga Gubernur Sumsel memberikan bantuan yang diserahkan secara simbolis untuk kebutuhan pembangunan masjid. Turut hadir Walikota Prabumulih Ridho Yahya, Imam Ustad Billy Pratama, Khotib Ustad Ahmad Fauzan, Ketua Masjid Nur Salimah Adhi Chandra. (Nda)

Editor : Edi

Check Also

Wakapolda Sumsel Brigjen M Zulkarnaen bersama Kasdam II Sriwijaya Brigjen TNI Aminton Manurung Sip dan alumni Akabri 94 baik dari TNI dan Polri saat kegiatan pelayanan kesehatan di Talang Jambi, Sabtu (15/6/2024). Foto: Dok Polda Sumsel.

Cooling System Jelang Pilkada, Alumni Akabri Beri Pelayanan Kesehatan

SUMSELHEADLINE.COM, PALEMBANG — Alumni Akabri tahun 1994 yang berdinas di Provinsi Sumatera Selatan menggelar bhakti sosial …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *