Ajakan Pemkab Muba untuk cegah DBD
Suasana penyerahan zakat mal Walikota, Wakil Walikota, dan sejumlah pejabat lainnya di linghkungan Pemkot Palembang, Selasa (11/4/2023). Foto : Sumselheadline/Pitria.
Suasana penyerahan zakat mal Walikota, Wakil Walikota, dan sejumlah pejabat lainnya di linghkungan Pemkot Palembang, Selasa (11/4/2023). Foto : Sumselheadline/Pitria.

Potensi Zakat Mal ASN Palembang Rp 20 Miliar

SUMSELHEADLINE.COM, PALEMBANG — Sejak beberapa tahun terakhir, Pemerintah Kota Palembang membuat imbauan agar para pegawai untuk membayar zakat mal 2,5 persen.

Namun sayangnya masih ada pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Palembang yang enggan untuk berzakat ataupun sekedar berinfaq.

Walikota Palembang Harnojoyo mengatakan, masih ada pegawai di banyak OPD yang belum menunaikan zakat. “Zakat ini ibarat tubuh yang memakan sesuatu, tetapi tidak dikeluarkan, akan jadi apa tubuh ini,” katanya saat penyerahan zakat Walikota, Wakil Walikota dan para pejabat lainnya di Rumah Dinas Walikota, Selasa (11/4/2023).

Tulisan lainnya :   Tiba di Lubuklinggau, Rhoma Irama Riuh Disambut Fans

Harnojoyo mengatakan, potensi zakat internal ASN Pemkot Palembang sebesar Rp 20 miliar.  “Tapi baru bisa digali sebesar Rp6,7 miliar, karena kesadaran untuk membayar zakat mal masih harus terus ditumbuhkan” katanya.

Salah satunya Dinas Pendidikan Kota Palembang, dari 6.000 pegawai hanya 26 orang yang membayar zakat. Meski demikian, Perumda Tirta Musi sudah 100 persen pegawainya membayar zakat.

“Jika tidak mau zakat setidaknya berinfaq, karena di antara rezeki kita itu ada hak orang lain,” kata Kepala Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Palembang, Kgs M Ridwan Nawawi.

Tulisan lainnya :   Ditres Narkoba Polda Sumsel Gerebek Kampung Narkoba di Tangga Buntung

Ridwan mengatakan, kegiatan menghimpun zakat seperti ini dirinya beharap setidaknya Rp1 miliar zakat terkumpul. “Ya Alhamdulilah, seperti kemarin ada dokter zakatnya senilai Rp150 juta, tadi walikota Rp50 juta,” katanya.

Dana zakat tersebut dipergunakan dalam program bedah rumah dan perbaikan rumah warga kurang mampu di Palembang. “Tahun ini ada 24 rumah yang akan dibangun dan diperbaiki,” katanya. (Nda)

Editor : Edi

Check Also

Para peserta gowes dalam rangka HUT Palembang, Sabtu (22/6/2024). Foto: Kominfo Palembang.

Gowes HUT Palembang Bertabur Hadiah

SUMSELHEADLINE.COM, PALEMBANG — Ribuan Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Palembang bersama masyarakat meramaikan kegiatan sepeda …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *