Ajakan Pemkab Muba untuk cegah DBD

Kemendag Siapkan Ekosistem Majukan UMKM

SUMSELHEADLIMNE.COM –Pihak Kementerian Perdagangan tengah menyiapkan ekosistem memajukan dan mengembangkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) mengatakan ekosistem tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan secara efektif dan maksimal oleh seluruh pelaku UMKM di Indonesia.

“Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan sedang menyiapkan sebuah ekosistem pengembangan UMKM,” katanya dalam keterangan resmi, Minggu (5/3/2023).

Dengan terbentuknya ekosistem tersebut, nantinya akan mempertemukan UMKM dengan ritel modern dan perusahaan grosir besar; membangun kapasitas pemasaran digital dan penjualan daring; serta keterlibatan perbankan dalam pembiayaan dan permodalan UMKM.

Tulisan lainnya :   Ini Dia Tempat-tempat Penukaran Uang

Dalam kunjungannya ke Bazar Aisyiyah dan Dialog UMKM Perempuan Berkemajuan di Tegal, Jawa Tengah, Zulhas mengatakan, pihaknya menggandeng ritel modern dalam upaya pemberdayaan UMKM.

Saat ini, pelaku UMKM diberi kesempatan untuk memasukkan beberapa produknya ke jaringan gerai ritel modern.

Sebaliknya, ritel modern dan perusahaan grosir besar mendapat kesempatan memasok produk kebutuhan harian kepada pelaku UMKM yang memiliki warung. (Gih)

Editor : edi

 

Check Also

Siti Nuriska. Foto: IG PT Pusri Palembang.

Siti Nurizka Terpilih Komut PT Pusri Palembang

SUMSELHEADLINE.COM, PALEMBANG — Siti Nurizka Putri Jaya, anggota DPR RI dari Fraksi Gerindra, menjadi  Komisaris …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *